kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi tunjuk 6 menteri baru, pelantikan dilakukan besok pagi


Selasa, 22 Desember 2020 / 16:46 WIB
Jokowi tunjuk 6 menteri baru, pelantikan dilakukan besok pagi
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama Wapres Maruf Amin?mengumumkan perombakan?kabinet di Istana Merdeka, Selasa, 22 Desember 2020.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengenalkan 6 menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju (KIM). Pengenalan dilakukan di beranda Istana Merdeka dengan dipanggil satu persatu.

Dari enam menteri baru tersebut, dua di antaranya merupakan wakil menteri yang menjabat saat ini.

"Pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," ujar Jokowi, Selasa (22/13).

Walikota Surabaya Tri Rismaharini diangkat menjadi Menteri Sosial. Sedangkan, Wakil Menteri Pertahan Sakti Wahyu Trenggono akan menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga: Wishnutama: Alhamdulillah Mas Sandiuno telah terpilih menggantikan saya

Dua posisi tersebut sebelumnya kosong setelah menteri sebelumnya yakni Edhy Prabowo dan Juliari Batubara mengundurkan diri usai ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Selain dua posisi itu, Jokowi mengganti 4 menteri lainnya. Bekas Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Selain itu, Jokowi juga mengganti Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dengan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Di sektor ekonomi, Jokowi juga mengganti Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dengan Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Jokowi juga mengganti Menteri Agama Fachrul Razi. Fachrul digantikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Quomas.

"Pelantikan akan dilaksanakan Insyaallah besok pagi," terang Jokowi.

Selanjutnya: Yaqut Cholil Qoumas, tokoh muda NU yang ditunjuk Jokowi jadi Menteri Agama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×