kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,53   0,00   -0.00%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Jokowi: Tol Bakauheni-Terbanggi Besar akan terasa manfaatnya


Minggu, 21 Januari 2018 / 11:27 WIB
Jokowi: Tol Bakauheni-Terbanggi Besar akan terasa manfaatnya
ILUSTRASI. PEMBANGUNAN TOL BAKAUHENI-TERBANGGI BESAR

Berita Terkait

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Lampung yang juga jadi bagian Tol Trans Sumatera yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Dengan mengucap bismillah saya resmikan jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen 1 Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni, dan Segmen 5 Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Lematang," kata Presiden dalam sambutannya.


Presiden Jokowi punya harapan besar atas diresmikannya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini guna meningkatkan daya saing infrastruktur nasional.

"Untuk tol Bakauheni-Terbanggi Besar saya rasa sedikit lagi akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung. Infrastruktur ini adalah hal yg fundamental, stok infrastruktur kita masih kecil dibandingkan negara tetangga, kita masih jauh tertinggal, di urusan jalan, pelabuhan, airport, pembangkit listrik," lanjut Jokowi.

Secara keseluruhan akan ada empat seksi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang total 141 km. Seksi 1 Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Sidomulyo sepanjang 39,4 km, Seksi 2 Simpang Susun Sidomulyo-Simpang Susun Kotabaru sepanjang 40,6 km, Seksi 3 Simpang Susun Kotabaru-Simpang Susun Kotabaru sepanjang 29 km, dan Seksi 4 Simpang Susun Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,9 km.

Sementara total nilai investasi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memakan biaya Rp 16,8 triliun yang berasal dari PT Hutama Karya yang berperan sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Rp 8,73 triliun, dan kredit sindikasi perbankan senilai Rp 8,06 triliun yang terdiri dari Bank BNI sebesar 24,8%, Bank Mandiri 24,8%, Bank BCA 18,6%, CIMB Niaga 12,4%, Maybank 9,3%, Permata Bank 6,2%, dan ICBC 3,9%.

"Sinergi bank BUMN dan swasta untuk Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini cukup baik, dan masih banyak bagian yang harus dibangun," sambung Presiden.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×