kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi Targetkan Rehabilitasi 600.000 Hektar Lahan Mangrove Rampung Akhir 2024


Jumat, 10 Juni 2022 / 13:40 WIB
Jokowi Targetkan Rehabilitasi 600.000 Hektar Lahan Mangrove Rampung Akhir 2024
ILUSTRASI. Burung Kuntul (Egretta garzetta) berkerumun di kawasan hutan manggrove, Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin (21/1/2019). Jokowi Targetkan Rehabilitasi 600.000 Hektar Lahan Mangrove Rampung Akhir 2024.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 600.000 hektar lahan mangrove telah direhabilitasi pada akhir 2024. Hal ini sebagai salah satu upaya perbaikan lingkungan dan perubahan iklim.

"Mengenai rehabilitasi mangrove. Juga sudah saya perintahkan agar di akhir 2024 paling tidak 600.000 hektar lahan mangrove harus sudah terehabilitasi seperti yang juga sudah kita kerjakan untuk lahan gambut," ujar Jokowi dalam peluncuran program rehabilitasi mangrove dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (10/6).

Jokowi menyebut lahan mangrove tersebar di sejumlah daerah. Diantaranya, ada di provinsi Riau, Sumatra Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Bali. Ia ingin hal ini berjalan beriringan dengan pembangunan pusat persemaian.

"Hutan mangrove bisa mereduksi, menyerap karbon 4 kali lipat dari hutan biasa, hutan hujan tropis biasa," ucap Jokowi.

Baca Juga: Kemenkomarves Apresiasi Penanaman Mangrove KCN

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, 3 tahun yang lalu Ia memerintahkan untuk membangun pusat persemaian (nursery) sebanyak-banyak nya. Target pemerintah dalam 3 tahun ke depan ada kurang lebih 30 pusat persemaian atau nursery dengan produksi setahun 10 juta sampai 12 juta bibit.

Artinya jika memiliki 30 pusat persemaian dalam setahun dapat menghasilkan kira kira 360 juta bibit atau benih.

"Kalau benih nya ada, bibit nya ada, mau tidak mau barang ini harus kita tanam. Jadi bukan berapa hektar yang akan kita kerjakan, tapi berapa produksi bibit yang bisa kita produksi," terang Jokowi.

Jokowi mengatakan, bibit-bibit dari pusat persemaian akan diarahkan untuk ditanam di lahan lahan kritis, di kabupaten atau provinsi yang sering longsor, hulu daerah aliran sungai.

Baca Juga: Tanam 2061 Pohon Mangrove, Bank BJB Dukung Indonesia Tanpa Pencucian Uang

Jokowi mencontohkan, pusat persemaian modern rumpin Bogor telah mengirimkan bibit nya ke beberapa kabupaten/kota yang lahan nya banyak lahan kritis.

"Inilah proses merehabilitasi lingkungan kita dengan sebuah aksi aksi yang jelas, konkret dan bisa dihitung," imbuh Jokowi.

Jokowi menyampaikan terima kasih pada bank dunia, pemerintah jerman, perusahaan perusahaan nasional yang turut berpartisipasi dalam perbaikan lingkungan dan perubahan iklim.

Seperti yang ada di pusat persemaian modern rumpin besar hasil kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PUPR dan April Grup.

"Ini akan ada 30 nursery (pusat persemaian) seperti ini. Tahun ini kita perkirakan akan jadi lagi 8. Tahun depan tambah lagi. Artinya step step menuju ke perbaikan lingkungan itu konkret dan bisa dilihat," pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×