kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Tak Masalahkan Menteri Erick Thohir dan Zainudin Amali Rangkap Jabatan


Jumat, 17 Februari 2023 / 21:33 WIB
Jokowi Tak Masalahkan Menteri Erick Thohir dan Zainudin Amali Rangkap Jabatan
ILUSTRASI. Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai pembukaan Pameran Otomotif IIMS Tahun 2023, Kamis (16/02/2023).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak masalah menterinya rangkap jabatan karena di kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Adapun Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dan Wakil Ketua Umum PSSI.

"Yang paling penting, semuanya bisa mengatur waktunya," ujar Jokowi saat ditemui di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (17/2/2023).

Jokowi lantas mencontohkan menteri lain yang juga rangkap jabatan. Di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Kata Mahfud MD Setelah Erick Thohir Terpilih Menjadi Ketum PSSI

"Karena kan kita juga tahu, Pak Basuki itu kan juga menjadi Ketua Dayung, bisa. Pak Airlangga jadi Ketua Wushu, bisa. Pak Luhut juga jadi ketua PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), bisa. Pak Prabowo jadi Ketua Pencak Silat, bisa," tuturnya.

Menurut Jokowi, jabatan yang diemban oleh Luhut, Prabowo, Basuki, dan Airlangga itu juga memiliki skala yang sama seperti PSSI. Pasalnya, mereka mengurus perihal manajemen waktu, organisasi, hingga perencanaan. "Kan tadi sudah saya sampaikan kok, enggak (masalah)," imbuh Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis (16/2/2023).

Ratu Tisha Destria dan Zainudin Amali turut mendampingi Erick Thohir sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Bersamaan dengan hasil KLB PSSI tersebut, ada dua sosok menteri dalam susunan pengurus PSSI 2023-2027. Mereka yakni Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Zainudin Amali (Menteri Pemuda dan Olahraga).

Keduanya bakal rangkap jabatan sebagai menteri sekaligus pengurus PSSI, Erick sebagai ketua dan Zainudin Amali di posisi wakil. Erick Thohir disebut dirinya sudah mendapat restu dari Presiden RI Joko Widodo saat mencalonkan diri.

"Pak Erick maju, pasti sudah meminta izin ke Presiden. Tidak mungkin Pak Erick maju tanpa izin Presiden Jokwi," kata Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung, dikutip dari Antara News. 

Baca Juga: Presiden Harapkan Ketua Umum PSSI Baru Bawa Perubahan bagi Sepakbola Indonesia

"Ya, (Presiden Jokowi) mengizinkan Pak Erick Thohir maju sebagai calon (Ketum PSSI). Jelas ya," ucap Pramono Anung menambahkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Menterinya Rangkap Jabatan di PSSI, Jokowi Tak Masalah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×