kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Siapkan Proses Transisi Pemerintahan Prabowo-Gibran


Jumat, 26 April 2024 / 15:56 WIB
Jokowi Siapkan Proses Transisi Pemerintahan Prabowo-Gibran
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap mendukung proses transisi pemerintah presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap mendukung proses transisi pemerintah presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayanan mengatakan Presiden Jokowi akan menyiapkan masuknya program-program Prabowo-Gibran dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2025. 

"Termasuk yang bisa segera dieksekusi paska 20 Oktober 2024, setelah Presiden-Wakil Presiden terpilih dilantik," jelas Ari pada Kontan.co.id, Jum'at (26/4). 

Meski demikian, Ari tidak mengonfimasi langsung apakah Jokowi akan membentuk tim khusus untuk membantu Prabowo-Gibran dimasa transisi. 

Hanya saja, ia memastikan Jokowi akan mengawal keberlanjutan pembangunan yang telah dimulainya selama dua kali periode Jokowi menjabat. 

"Semangatnya adalah mengawal keberlanjutan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang telah diletakan fondasinya oleh Presiden Jokowi," ujar dia. 

Baca Juga: Prabowo: Terima Kasih Surya Paloh, Kita Sangat Gembira Sudah Bersama

Terpisah, Anggota Dewan Pakar Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo membenarkan ada persiapan masa peralihan. 

Namun, menurutnya persiapan ini banyak dilakukan oleh pembantu presiden hari ini seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang masih memiliki keweangan dalam RKP dan RAPBN 2025. 

Sementara di TKN sendiri, ia mengaku, belum ada pembentukan tim khusus untuk mempersiapkan masa transisi Prabowo Gibran. 

"Jika diminta tentu kita siap menyampaikan usulan, tapi kita menghormati Menkeu, Mensesneg dan Kepala Bappenas dalam menjalankan tugasnya," ucapnya. 

Diketahui, Prabowo dan Gibran ditetapkan sebagai Presiden-Wapres terpilih di KPU pada Rabu 24 April 2024. . 

Hal ini diputuskan usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan hasil Pilpres yang diajukan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×