kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi segera umumkan susunan kabinet


Jumat, 12 Juli 2019 / 12:46 WIB
Jokowi segera umumkan susunan kabinet

Berita Terkait

Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih memiliki waktu sekitar dua bulan lagi untuk menentukan nama-nama yang akan mengisi kabinet di pemerintahan berikutnya. Namun Jokowi mengaku menyusun komposisi menteri untuk kabinetnya.

"Sudah, sudah (menyusun kabinet). Secepatnya (diumumkan)," kata Jokowi usai acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (12/7).


Meski begitu, Jokowi belum mau menyebut nama-nama yang dimaksud. Ia hanya bilang, kabinetnya akan diisi oleh kalangan profesional dan elit politik. Komposisinya lanjut Jokowi, 60:40 atau 50:50.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda. Ada dari profesional juga. Kalau tidak ada dari partai, ya, kami cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengusulkan minimal 10 menteri dari PKB. Mantan Menteri Ketenagakerjaan yang akrab disapa Cak Imin ini meminta agar PKB mendapat perhatian khusus dari Jokowi.

Meski begitu PKB juga mengusulkan agar menteri yang bergabung dalam kabinet merupakan menteri bersama seluruh partai koalisi Indonesia kerja. "Tidak ada lagi kabinet partai ini, partai itu, semua usulan ditampung begitu sudah masuk semua di jajaran kabinet," ungkap Cak Imin.




TERBARU

Close [X]
×