CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Jokowi sebut pandemi Covid-19 beri pelajaran besar bagi Indonesia


Senin, 16 Agustus 2021 / 10:06 WIB
Jokowi sebut pandemi Covid-19 beri pelajaran besar bagi Indonesia
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo saat Sidang Tahunan Bersama MPR, DPR dan DPD RI, 16 Agustus 2021.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menyebut sejumlah pelajaran dapat diambil dalam pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda Indonesia  saat ini.

Kondisi pandemi yang sedang terjadi ini dinilai seperti api yang membakar tetapi memberi penerangan. Sehingga pandemi Covid-19 dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Kita ingin pandemi ini menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri, dalam menghadapi tantangan masa depan," kata Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Senin (16/8).

Jokowi menyebut pandemi seperti kawah candradimuka. Hal itu disampaikan lantaran pandemi tak hanya menguji, tetapi sekaligus mengasah dan memberi pelajaran kepada bangsa Indonesia.

Baca Juga: Jokowi: Pandemi mengharuskan Indonesia melakukan reformasi struktur ekonomi

Salah satu pelajaran yang didapat melalui kondisi pandemi adalah terkait penggunaan teknologi. Pandemi dinilai membuat Indonesia dapat menerobos cara baru dalam bekerja.

"Pandemi Covid-19 telah memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan," terang Jokowi.

Pandemi juga disebut Jokowi dapat membuat akselerasi inovasi semakin dekat dengan kehidupan masyarakat. Terutama dalam era disrupsi revolusi 4.0 saat ini.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga memaksa masyarakat untuk menerapkan normalitas baru. Antara lain dalam penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi keramaian.

 

Selanjutnya: Dikabarkan tidak menggunakan lock up saat gelar IPO, ini kata manajemen GoTo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×