kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,22   7,62   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi resmikan Jalan Bypass BIL - Mandalika dan Sirkuit Mandalika


Jumat, 12 November 2021 / 15:40 WIB
Jokowi resmikan Jalan Bypass BIL - Mandalika dan Sirkuit Mandalika
Presiden Joko Widodo bersiap menjajal Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, di sela peresmian sirkuit tersebut di Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan selesainya pembangunan Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) - Mandalika sekaligus Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11).

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan M Lutfi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, Jalan Bypass BIL - Mandalika sudah selesai dan siap digunakan untuk mendukung event Superbike mulai 19 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

"Kita patut bersyukur bahwa pembangunan Jalan Bypass BIL-Mandalika telah selesai dibangun dan siap digunakan, sehingga jarak tempuh antara Bandara dan Mandalika menjadi hanya 15 menit saja" kata Jokowi, Jumat (12/11).

Baca Juga: Ini pernyataan resmi Ducati soal kargo dibuka secara ilegal di Sirkuit Mandalika

Usai diresmikan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta agar jalan tersebut betul-betul dijaga dengan baik. "Supaya jadi contoh jalan nasional yang baik, saya minta untuk dibuat pembatas jalan sepanjang 17 km ini, agar warung-warung di pinggir jalan tidak tumbuh tak terkendali yang akan mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan," ujar Basuki.

Sebagai informasi, pembangunan jalan bypass tersebut telah mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula sekitar 45 menit menjadi 15 menit dengan jumlah lajur dari semula 2 kini menjadi 4 lajur.

Jalan bypass dilengkapi 2 jembatan, 11 overpass, dan 3 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar. Saat ini jalan tersebut juga telah menjadi salah satu spot swafoto warga yang melintas, karena merupakan salah satu ikon baru di kawasan Mandalika.

Pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 705 miliar. Paket 1 sepanjang 4,30 km dengan kontraktor PT Nindya Karya- PT. Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp 199 miliar.

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 km, kontraktornya PT Adhi Karya - PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran senilai Rp 353 miliar. Selanjutnya untuk Paket 3 sepanjang 3,36 km, kontraktornya oleh PT Yasa Patria Perkasa dengan anggaran senilai Rp 152 miliar.

Selanjutnya: Resmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi: Akan jadi kebanggaan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×