kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Senilai Rp 437 Miliar


Senin, 22 April 2024 / 09:08 WIB
Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Senilai Rp 437 Miliar
ILUSTRASI. Presiden Jokowi melakukan peresmian bandara di Gorontalo


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di provinsi Gorontalo.

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara besar karena memiliki 514 kabupaten/kota, 38 provinsi dan 17.000 pulau yang semuanya memerlukan infrastruktur. Baik infrastruktur untuk pelayanan pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur untuk konektivitas.

Infrastruktur konektivitas tersebut berupa pelabuhan, jalan, dan bandara. Jika tidak memiliki Indonesia akan kalah bersaing, tidak bisa berkompetisi dengan negara lain, dan produk Indonesia tidak bisa bersaing dengan negara lain.

Jokowi menyebut, adanya Bandara penting dalam rangka berkompetisi dengan negara lain agar mobilitas orang dan kecepatan barang bisa lebih baik lagi.

Jokowi bersyukur Bandara Panua di Pohuwatu telah selesai. Pembangunan bandara menghabiskan anggaran Rp 437 miliar.

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi akan Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Gorontalo

Jokowi meminta runway bandara Panua diperpanjang lagi. Ia berharap paling lambat tahun depan atau kalau bisa tahun ini sudah dapat dilakukan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pagi hari ini saya resmikan Bandar Udara Panua Pohuwatu di Kabupaten Pohuwatu provinsi Gorontalo," ujar Jokowi dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (22/4).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, Bandara Panua Pohuwatu merupakan bandara ke-25 dari 27 bandara yang dibangun. Bandara ini digunakan untuk dua trip yakni ke Gorontalo dan Palu.

"Bandara ini sangat produktif untuk membangun ekonomi di daerah ini, mengingat jarak jangkau ke Gorontalo lebih dari 4 jam," kata Budi Karya.

Bandara Panua Pohuwato memiliki landasan pacu sepanjang 1.200 m x 30 m, taxiway sepanjang 15 m x 170 m, apron sepanjang 110 m x 70 m, serta gedung terminal sebesar 990 m2. Dengan begitu, Bandara Panua Pohuwato dapat didarati pesawat ATR 72-600.

Pada 18 Februari 2024, telah dilakukan penerbangan perintis perdana oleh maskapai SAMS Air menggunakan type pesawat DHC-6 Twin Otter dengan Rute penerbangan Gorontalo-Pohuwato-Palu (PP). Selanjutnya, Bandara Panua Pohuwato melayani penerbangan pada hari Kamis dan Minggu

“Keberadaan Bandara Panua Pohuwato diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki Kabupaten Pohuwato antara lain pertambangan, perkebunan, perikanan, serta kepariwisataan,” ujar Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×