kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Resmi Lantik Letjen Maruli Simanjuntak Jadi KSAD


Rabu, 29 November 2023 / 14:29 WIB
Jokowi Resmi Lantik Letjen Maruli Simanjuntak Jadi KSAD
Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11/2023).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Pengangkatan Maruli berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 103/TNI tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan kepala staf angkatan darat. 

"Mengangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, keputusan presiden mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat," ucap  Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan Keputusan Presiden dalam Pelantikan KSAD di Istana Negara Jakarta, Rabu (29/11).

Baca Juga: Jokowi Mengiyakan Letjen Maruli Simanjuntak Jadi Salah Satu Kandidat KSAD

Pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan Letnan Jenderal  TNI Maruli Simanjuntak. Pengambilan sumpah didiktekan Presiden Jokowi yang diikuti Letjen Maruli Simanjuntak.

"Bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Maruli mengucap sumpah jabatan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjutnya. 

Maruli sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Ia mengisi posisi KSAD yang kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI.

Dalam pelantikan tersebut juga sekaligus menetapkan kenaikan pangkat satu tingkat dari Letjen Maruli Simanjuntak menjadi Jenderal TNI. 

Baca Juga: Jokowi akan Lantik KSAD Baru Menggantikan Jenderal Agus Subiyanto Siang Ini

Adapun dalam acara pelantikan nampak hadir Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto.

Terlihat pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri Tito M Karnavian, Ketua Komisi I Meutya Hafid, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan dan Yandri Susanto. Serta ada satu kehadiran yang mencuri perhatian yakni hadirnya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam pelantikan Maruli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×