kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jokowi: Realisasi Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Capai 48,3%


Selasa, 27 September 2022 / 10:31 WIB
Jokowi: Realisasi Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Capai 48,3%
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Kabupaten Buton pada Selasa, 27 September 2022.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai bentuk bantalan sosial, pemerintah kembali mengeluarkan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600.000 per penerima. Hingga saat ini, realisasi penyaluran BSU telah mencapai 48,3% atau 7.077.000 penerima dari target sebesar 14,6 juta pekerja. 

Sebelumnya target penerima ialah 16 juta dan setelah dilakukan pemadanan data ditemukan 14,6 juta calon penerima BSU 2022.

"Sampai saat ini BSU yang sudah tersalur adalah 7.077.000. Artinya sudah 48,3% dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang sangat baik," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/9).

Baca Juga: Cek BSU Tahap 3 di Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya

Hari ini, Jokowi meninjau langsung penyaluran BSU di Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Selain BSU Jokowi juga mengatakan bantalan sosial lainnya sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM yakni bantuan langsung tunai (BLT) BBM, kini telah tersalurkan 95,9% atau 19,7 juta keluarga penerima manfaat (KPM). 

Ia berharap hingga akhir tahun penyaluran BLT BBM akan rampung tepat waktu.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, untuk calon penerima BSU di Sulawesi Tenggara sebanyak 79.675 pekerja. Adapun hingga saat ini realisasi penyaluran BSU di Sulawesi telah mencapai 24,21% atau 19.286 pekerja telah menerima BSU.

Pihaknya kini terus mempercepat penyaluran BSU di seluruh Indonesia. Harapannya dalam waktu sebulan ini Kementerian Ketenagakerjaan dapat merampungkan seluruh target penerima BSU.

"Setiap minggu kami akan bertahap dan ini setiap minggu sejuta, dua juta, dalam waktu sebulan InsyaAllah sudah bisa kita selesaikan," kata Ida.

Baca Juga: Bantuan Tunai BBM Tahap II Akan Cair Akhir Tahun

BSU diberikan kepada pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 3,5 juta atau sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP). Berbeda dengan BSU pada tahun lalu yang hanya diberikan kepada pekerja di daerah PPKM level 4, tahun ini BSU diberikan di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×