kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi: Motor chopper punya peluang ekspor besar di Asia Tenggara


Minggu, 21 Januari 2018 / 08:24 WIB
Jokowi: Motor chopper punya peluang ekspor besar di Asia Tenggara
ILUSTRASI. Motor Chopper Jokowi


Reporter: Agus Triyono | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo membeli motor Royal Enfield Bullet 350cc bergaya chopper berharga Rp 140 juta. Motor tersebut merupakan hasil modifikasi Chopperland dari bengkel Elders Garage.

Jokowi mengatakan, dia membeli motor ini karena ingin mendorong produk lokal. Jokowi menilai, motor hasil modifikasi Chopperland memiliki peluang ekspor yang cukup besar di Asia Tenggara.

"Saya membeli produk karya anak-anak bangsa untuk meningkatkan brand value. Bukan kali ini saja saya dorong produk lokal, seperti Sejiwa Kopi di Bandung, Toko Kopi Tuku di Jakarta dan Aming Coffee di Pontianak," katanya Sabtu (20/1).

Sementara itu Heret dari Elders Garage mengatakan bahwa motor yang dibeli Jokowi tersebut merupakan motor produksi perdana. "Pada waktu itu pas acara Sumpah Pemuda, kami bawa ke sini dan Pak Jokowi tertarik, setelah itu ditanyakan berapa harga jualnya gitu, kami coba kalkulasi di Rp 140 juta," tutur Heret.

Veroland, pemilik bengkel dan juga perancang prototipe frame chopperland menduga, ketertarikan presiden terhadap motor tersebut karena posisi setang yang agak tinggi. "Chopper itu memang posisi duduknya itu lebih rendah, lebih santai tapi setangnya agak tinggi. Mungkin wajar juga Pak Jokowi tertarik karena melihat posisi duduknya lebih santai saja daripada motor-motor lain,” katanya

Vero menjelaskan bahwa motor modifikasi tersebut banyak menggunakan produk lokal, seperti rangka dan jok.

"Rangka dibuat di sini (Jakarta), sementara jok kulit buatan Bandung," ucap Vero.

Bagi Heret dan Vero, pertemuannya dengan Jokowi memberikan sebuah harapan baru karena banyak anak muda yang memiliki ketertarikan kepada motor jenis ini. Terlebih dengan adanya apresiasi dari presiden, mereka berharap industri kreatif seperti ini akan tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×