kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Jokowi minta prioritaskan PSN yang berdampak pada penguatan ekonomi rakyat


Jumat, 29 Mei 2020 / 11:30 WIB
Jokowi minta prioritaskan PSN yang berdampak pada penguatan ekonomi rakyat
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo. TRIBUNNEWS/REPUBLIKA/Edwin Dwi Putranto/Pool

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajarannya agar memprioritaskan pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) yang berdampak langsung pada penguatan ekonomi rakyat, sehingga bisa berdampak para pemulihan ekonomi nasional.

"Saya mencatat beberapa PSN yang  sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat misalnya program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial, serta peremajaan perkebunan rakyat," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas Evaluasi Proyek Strategis Nasional untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Covid-19, Jumat (29/5).

Baca Juga: Di tengah pandemi, Jokowi minta agenda strategis tetap dilanjutkan

Dia meminta, agar berbagai proyek tersebut tetap berjalan dengan tetap menjalankan protokol-protokol kesehatan yang ditetapkan. Jokowi juga meminta agar berbagai hambatan pelaksanaan PSN tersebut bisa segera diatasi. Apalagi dia menilai, hambatan utama dalam pelaksanaan PSN saat ini berkaitan dengan pembebasan lahan.

Tak hanya menyoroti PSN yang sedang berlangsung. Jokowi pun meminta usul PSN yang baru tetap dievaluasi. Menurutnya, dari 245 usul PSN yang baru, dihitung dengan cermat mana yang direkomendasikan dan mana yang tidak direkomendasi.

Baca Juga: Bambang Soesatyo minta pemerintah kaji ulang program new normal

"Terkait dengan usulan 245 PSN baru, saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung, dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasi dan mana yang tidak direkomendasi, prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pasca pandemi saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi pun meminta agar jajarannya tetap menjalankan agenda strategis nasional yang memiliki dampak besar terhadap masyarakat meski tengah menghadapi Covid-19.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×