kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,88   4,37   0.48%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Kembali Berpesan ASN, TNI, Polri, dan BIN Harus Netral Jelang Pencoblosan


Rabu, 07 Februari 2024 / 14:39 WIB
Jokowi Kembali Berpesan ASN, TNI, Polri, dan BIN Harus Netral Jelang Pencoblosan
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (tengah) menyampaikan pidato . ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) harus netral dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikannya saat memberikan keterangan pers menjelang pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

Baca Juga: KPU DKI Tetapkan 8,2 Juta Orang Masuk DPT Pemilu 2024

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN, TNI, Polri, termasuk BIN harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat," ujar Jokowi di Sumatera Utara, sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2/2024).

"KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), dan seluruh jajaran sampai ke daerah harus profesional memastikan integritas pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat," katanya.

Selain itu, Presiden mengajak semua pihak menjaga pemilu tetap damai, berjalan jujur dan adil. Lalu, menghargai hasil pemilu dan bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia.

Baca Juga: Presiden Tetapkan Hari Pemilu 14 Februari 2024 Sebagai Hari Libur Nasional

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan memilih.

"Saya menghimbau, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, datang ke TPS memberikan suara sesuai dengan pilihannya," ujar Jokowi.

Adapun jika dihitung sejak Rabu ini, pemungutan suara pemilu hanya tinggal tujuh hari lagi. Pemilu 2024 digelar serentak secara nasional di 38 provinsi di Indonesia.

Seluruh masyarakat, tak terkecuali para pejabat negara, juga akan menggunakan hak suara mereka untuk memilih calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres), anggota DPR RI, anggota DPD RI, dan anggota DPRD kabupaten/kota. Presiden Jokowi sendiri dikabarkan akan menggunakan hak pilihnya di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang 14 Februari, Jokowi: Saya Tegaskan ASN, TNI, Polri, dan BIN Harus Netral"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×