kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi ingin kondisi di rumah saja tak buat warga semakin individualis


Sabtu, 18 April 2020 / 20:49 WIB
Jokowi ingin kondisi di rumah saja tak buat warga semakin individualis
ILUSTRASI. Layar menampilkan rapat terbatas (ratas) melalui konferensi video yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Bogor di ruang wartawan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/3/2020). Presiden Joko Widodo memimpin dua ratas yakni antisipasi mudik lebara


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengajak publik untuk bersikap gotong-royong dan saling membantu di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. 

"Kita tunjukkan bahwa dalam kondisi di rumah saja kita tidak menjadi semakin individualis, tapi justru kita semakin peduli satu sama lain," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (18/4). 

Baca Juga: Update corona DKI Jakarta: 2.902 positif, 206 sembuh

Jokowi mengatakan, aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah di rumah ternyata tidak menghilangkan kepedulian antarwarga terkait bagaimana mengatasi pandemi. 

Menurut Jokowi, cerita tentang seorang warga bergejala Covid-19 di satu lingkungan yang dibantu oleh tetangganya dan tidak dikucilkan oleh tetangganya merupakan sebuah contoh yang patut ditiru.

Ia juga bercerita kepedulian warga di bidang ekonomi di mana warga membantu tetangganya dengan membeli produk yang dijual oleh tetangganya. 

"Gerakan-gerakan saling membantu itu harus diangkat, dimunculkan ke permukaan, bukan untuk disombongkan tapi untuk menjaga harapan, dijadikan sebagai inspirasi dan akan bermanfaat jika dapat ditiru oleh yang lain secara masif," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Pemerintah: Pasien yang sudah sembuh tidak akan menularkan Covid-19

Jokowi menambahkan, aksi-aksi solidaritas itu menegaskan sifat bangsa Indonesia sebagai bangsa gotong royong. "Ini adalah penegas sifat dan kebesaran bangsa Indonesia yakni bangsa gotong royong, bangsa pejuang, yang selalu menemukan kekuatan dan solusi lokal di tengah berbagai krisis," kata Jokowi. 

Ia pun menegaskan, pemerintah tak bisa bekerja sendirian menghadapi pandemi Covid-19 ini tanpa peran serta masyarakat. "Semua ini bukan hal yang mudah untuk kita semua, tetapi saya amat percaya jika kita mampu melalui kesulitan ini bersama, kita justru akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera," kata Jokowi. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Ingin Kondisi di Rumah Saja Tak Buat Warga Semakin Individualis"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×