kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,98   -4,21   -0.41%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Jokowi : Ibu Kota Negara Bagian Penting Transformasi Ekonomi


Rabu, 09 Februari 2022 / 10:44 WIB
Jokowi : Ibu Kota Negara Bagian Penting Transformasi Ekonomi
ILUSTRASI. Jokowi : Ibu Kota Negara Bagian Penting Transformasi Ekonomi


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Green industrial park di Kalimantan Utara akan menjadi showcase utama dan titik penting transformasi ekonomi Indonesia.

Pemerintah akan dorong pentingnya penerapan environmental, social dan governance dalam berbagai aktivitas ekonomi dan secara bertahap beralih ke sumber energi terbarukan untuk mewujudkan ekonomi hijau.

“Program pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur adalah bagian penting dari transformasi ini,” ucap Jokowi dalam Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2).

Jokowi menyebut, IKN Nusantara akan dijadikan sebagai showcase transformasi, baik di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi dan lainnya. Termasuk pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas. Serta tata sosial yang toleran yang menjunjung tinggi etika publik.

Baca Juga: Peringatan dari Selandia Baru: Belum Berakhir, Omicron Tak akan Jadi Varian Terakhir

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan, reformasi struktural menjadi kunci mengarahkan kebijakan ekonomi untuk meningkatkan nilai tambah, memacu produktivitas, meningkatkan investasi, serta membuka lapangan kerja yang seluas – luasnya.

Jokowi menyambut, momentum pemulihan investasi ini harus dijaga dengan baik. Pemerintah akan terus melanjutkan reformasi struktural. Pemerintah juga terus berupaya melanjutkan menciptakan iklim investasi yang semakin kondusif.

Jokowi mengatakan, hilirisasi akan terus ditingkatkan nilai tambahnya di dalam negeri semakin tinggi dan membuka peluang kerja yang lebih banyak bagi rakyat. Hilirisasi produk-produk yang dilakukan seperti pada nikel akan pemerintah dorong juga untuk bauksit, tembaga dan yang lainnya.

“Kita juga akan membangun ekosistem industri semi konduktor yang akan kita mulai dengan investasi polysilicone dan chip design,” ucap Jokowi.

Baca Juga: PM Selandia Baru: Omicron Tidak akan Jadi Varian Terakhir, Ini Belum Berakhir

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×