kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi: Dunia Seolah Tidak Berdaya Menghentikan Kekejaman Israel


Minggu, 12 November 2023 / 14:16 WIB
Jokowi: Dunia Seolah Tidak Berdaya Menghentikan Kekejaman Israel
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) harus mampu menghasilkan hal konkret agar kekejaman Israel di Gaza dapat segera dihentikan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kekejaman Israel terhadap Palestina segera dihentikan.  Jokowi menyerukan ada gerakan dari dunia untuk menghentikan kekejaman Israel di Gaza.

Menurut Jokowi, saat ini dunia seolah tak berdaya dan hanya menyaksikan kekejaman Israel.  Hal itu disampaikan Jokowi dalam dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Bisa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023) waktu setempat.

Baca Juga: Korea Utara: Amerika Serikat adalah Penjual Peperangan

“Satu bulan telah terjadi kekejaman ini, dan dunia seolah-seolah tidak berdaya. Lebih dari 7,9 miliar penduduk dunia dan lebih dari 190 pimpinan negara, tapi sampai saat ini tak satu pun yang mampu menghentikan kekejaman ini,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (12/11/2023).

Oleh karena itu, Jokowi meminta negara-negara peserta OKI harus bersatu dan berada di depan untuk penyelesaian perang di Jalur Gaza.

Jokowi juga menyerukan gencatan senjata di Gaza. Ia menyebutkan, tanpa gencatan senjata, situasi di Gaza tidak akan membaik.

“Dan Israel telah menggunakan narasi self defense dan terus melakukan pembunuhan rakyat sipil,” tutur Jokowi. Jokowi menyebut hal itu merupakan sebuah collective punishment. “Kita semua harus mencari jalan agar Israel segera melakukan gencatan senjata,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperluas jangkauannya. “OKI harus mengusulkan mekanisme bantuan yang lebih predictable dan sustainable,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: OKI Harus Bersatu di Garis Depan Penyelesaian Krisis di Gaza

“Indonesia juga telah mengirim bantuan kemanusiaan dan ke depan akan menambahkan lagi,” kata Jokowi lagi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan bahwa Indonesia menolak menempuh cara “one state solution” atau solusi binasional dalam penyelesaian perang di Jalur Gaza.

“OKI harus mendesak agar perundingan damai dimulai kembali segera, demi terwujudnya two state solution dan menolak pemikiran one state solution, karena pasti Palestina yang dikorbankan,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, jika memang mekanisme kuartet diplomatik sudah tidak dapat diandalkan untuk penyelesaian Israel-Palestina, OKI harus mendorong proses negosiasi damai lewat format baru. “Indonesia siap berkontribusi dalam negosiasi tersebut,” kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di KTT OKI, Jokowi: Dunia Seolah Tak Berdaya Hentikan Kekejaman Israel"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×