kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di ASEAN


Sabtu, 12 November 2022 / 23:06 WIB
Jokowi Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di ASEAN
ILUSTRASI. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kekecewaan Indonesia terhadap Junta Militer Myanmar saat penyelenggaraan KTT ASEAN Kamboja, Jumat (11/11/2022)


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di ASEAN saat berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang di Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022).

Menurut Jokowi, sektor kendaraan listrik potensial untuk dikembangkan karena Jepang punya kapasitas dalam infrastruktur dan industri hijau.

“Jepang memiliki kapasitas besar dalam infrastruktur dan industri hijau. Salah satu sektor potensial yang dapat dikembangkan adalah pembangunan ekosistem kendaraan listrik,” kata Jokowi, Sabtu, dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Jokowi Dorong Pemimpin ASEAN Plus Three Bersatu Hadapi Krisis

Jokowi mengatakan, ASEAN memiliki potensi besar bagi pengembangan kendaraan listrik dengan estimasi pasar mencapai 2,7 miliar dollar AS di tahun 2027. Ia mengatakan, Jepang dapat menjadi mitra utama ASEAN melalui alih teknologi dan investasi.

“Saya mengundang Jepang untuk meningkatkan investasi, terutama dalam manufaktur mobil listrik dan produksi baterai,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowj juga membeberkan bahwa Indonesia tengah mengembangkan eksosistem industri kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

Target produksi mobil listrik di Indonesia mencapai 600.000 unit dan 2,45 juta sepeda motor listrik per tahun pada 2030 dengan pengurangan total emisi karbondioksida 3,8 juta ton.

“Kami juga telah menetapkan peta jalan pengembangan industri kendaraan berbasis baterai. Upaya ini akan mempertebal kontribusi kawasan Indo-Pasifik sebagai epicentrum of growth dan di saat yang sama pada upaya global atasi iklim," ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kecewa Junta Militer Myanmar Tak Juga Hentikan Bencana Kemanusiaan

Ia berharap, peringatan 50 tahun kemitraan ASEAN dan Jepang pada tajun depan menjadi momentum hntuk membangun ekonomi kawasan yang lebih tangguh dan hijau. Adapun KTT ASEAN-Jepang ini dihadiri oleh para pemimpin ASEAN serta Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KTT ASEAN-Jepang, Jokowi Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×