kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi akhirnya miliki deluxe box set Metallica setelah bayar Rp 11 juta ke KPK


Rabu, 21 Februari 2018 / 18:10 WIB
Jokowi akhirnya miliki deluxe box set Metallica setelah bayar Rp 11 juta ke KPK
ILUSTRASI. Presiden Jokowi menerima album Metallica dari PM Denmark Lars Lokke Rassmussen, November 2017.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo kini resmi memiliki deluxe box set Metallica berjudul "Master of Puppets". Barang pemberian grup band Metallica tersebut bukan lagi termasuk dalam kategori gratifikasi.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, album musik tersebut sebenarnya telah dilaporkan oleh Jokowi pada 7 Desember 2017 dan telah ditetapkan menjadi milik negara melalui SK No.219 Tahun 2018 tanggal 31 Januari 2018.

Namun, menurut Febri, Jokowi bersedia mengganti barang tersebut dengan uang. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang gratifikasi.

"Kami apresiasi pelaporan gratifikasi yang dilakukan. Ini adalah contoh positif yang sepatutnya diikuti oleh seluruh pegawai negeri dan penyelenggara negara," kata Febri di Gedung KPK Jakarta, Selasa (20/2).

 Uang pengganti barang berupa deluxe box set Metallica berjudul Master of Puppets senilai Rp 11.079.019 telah diterima KPK.

Hal ini mengacu pada Peraturan KPK Nomor 6 Tahun 2015. Pasal 12 ayat 6 menjelaskan bahwa KPK dapat meminta penerima gratifikasi untuk menyerahkan uang sebagai kompensasi atas barang yang diterimanya.

"Poin utama sebenarnya bukan pada jumlah uang. Tapi contoh yang konsisten yang dilakukan Presiden, yakni kehati-hatian yang tinggi untuk mencegah korupsi mulai dari hal yang kecil," kata Febri.

Sebelumnya, deluxe box set album Metallica yang berjudul "Master of Puppets" itu diberikan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rassmussen di Istana Kepresidenan Bogor pada 28 November 2017.

Album eksklusif itu ditandatangani langsung oleh drummer band Metallica, Lars Ulrich. Ulrich pun berkomentar soal pemberian hadiah istimewa itu kepada Jokowi dalam akun Instagram miliknya.

"Ini keren... Saya menandatangani sebuah box set MOP (Master of Puppets) untuk Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen untuk diberikan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, yang terkenal sebagai penggemar berat musik rock dan menemui kami di Jakarta pada 2013... musik benar-benar menghubungkan orang!!! ???????????????? @larsloekke @ jokowi #masterofpuppets," tulisnya. (Abba Gabrillin)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Bayar Uang Pengganti Rp 11 Juta ke KPK, Jokowi Akhirnya Miliki Deluxe Box Set Metallica

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×