kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi: 3 Pesawat Membawa Bantuan 51,5 Ton dari Indonesia ke Palestina


Sabtu, 04 November 2023 / 09:32 WIB
Jokowi: 3 Pesawat Membawa Bantuan 51,5 Ton dari Indonesia ke Palestina
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menlu Retno Marsudi dan Menhan Prabowo saat melepas bantuan ke Palestina


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina, Sabtu (4/11/2023), di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma.

Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujar Jokowi dilansir dari laman Setkab.

Baca Juga: Israel Serang Ambulans di Dekat Rumah Sakit Gaza, 15 Orang Dilaporkan Tewas

Presiden mengatakan, pengiriman bantuan tahap pertama yang akan dibawa menggunakan tiga pesawat ini berisi bantuan seberat 51,5 ton.

Bantuan ini terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari Baznas, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya, kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Houthi Yaman Menyatakan Siap Bantu Palestina Melawan Israel

Presiden mengatakan, pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina juga sedang dalam proses dipersiapkan.

Pengiriman bantuan ini, ujarnya, merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina serta kepedulian bangsa Indonesia terdapat kemanusiaan.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden kembali menekankan bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan bangsa Palestina.

“Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya.

Baca Juga: Militer Israel Disebut Gunakan Bom Fosfor Putih di Lebanon

Turut hadir dalam pelepasan ini, antara lain, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×