kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jogja baru bisa proses tax refund turis 2011


Rabu, 20 Oktober 2010 / 23:36 WIB
Jogja baru bisa proses tax refund turis 2011
ILUSTRASI. Nilai tukar rupiah


Reporter: Martina Prianti | Editor: Cipta Wahyana

JAKARTA. Pemeritah daerah seperti Yogyakarta dan Medan yang menginginkan agar bandara di daerahnya dapat memproses restitusi alias pengembalian pembayaran pajak pertambahan nilai (PPN) bagi turis asing yang berbelanja di dalam negeri, tampaknya, mesti lebih bersabar.

Sebab, pemerintah memutuskan baru akan menambah bandara yang bisa memproses restitusi PPN alias tax refund bagi turis tahun depan. Dengan demikian, hingga akhir tahun ini, hanya bandara Soekarno Hatta Cengkareng dan bandara Ngurah Rai Denpasar yang bisa memproses tax refund.

"Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak masih melakukan pengkajian. Pengusulan bandara mana saja juga masih kami terima," ucap Iqbal Alamsjah, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak melalui telepon seluler, Rabu (20/10).

Sekedar mengingatkan, pemberian restitusi PPN bagi turis merupakan amanat UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang PPN dan PPnBM. UU itu menyebut, turis asing dapat melakukan restitusi PPN asalkan nilai PPN atas barang yang mereka beli di sejumlah gerai atau toko yang telah ditunjuk pemerintah mencapai Rp 500.000.

Nah, baru-baru ini, Ditjen Pajak menunjuk 22 toko ritel tambahan di Jakarta dan Denpasar sebagai toko bebas bea (duty free). Sebelumnya, hanya ada delapan gerai yang menyandang status itu.

Gerai-gerai di Jakarta yang memperoleh fasilitas itu adalah Pasaraya Blok M, Sarinah Thamrin, Metro Pondok Indah Mal, Metro Plaza Senayan, Batik Keris Citraland, Batik Keris Menteng, Batik Keris Pondok Indah Mal 2, dan Batik Keris Supermal Karawaci.

Selain itu, ada Batik Keris Pacific Place, Keris Dept Store Menteng, Keris Dept Store Mal Puri Indah, Jean Paul Gaultier Plaza Indonesia, Chistian Loubountin Plaza Indonesia, Club Monaco, Plaza Indonesia, Sogo Plaza Senayan, Sogo Kelapa Gading, Sogo Pondok Indah Mal, Sogo Emporium Pluit, Seibu Grand Indonesia, dan Alun-Alun Indonesia Grand Indonesia.

Adapun tenant yang berlokasi di Bali adalah Batik Keris Discovery Shopping Mall, Batik Keris Bandar Udara Ngurah Rai,Sogo Bali Collection, Sogo Discovery Shopping Mall, Alun-Alun Indonesia Nusa Dua, UC Silver Batubulan Gianyar, Mayang Bali Kuta Square, Atlas South Sea Pearl Pertokoan Sanur, Dewis Sukawati Gianyar, dan Windu Sari Batubulan Gianyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×