kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45970,79   2,64   0.27%
  • EMAS928.000 0,32%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.05%

Jika tiga strategi ini berhasil, pelonggaran PPKM dilakukan bertahap mulai September


Senin, 02 Agustus 2021 / 21:04 WIB
Jika tiga strategi ini berhasil, pelonggaran PPKM dilakukan bertahap mulai September
ILUSTRASI. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan . ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah saat ini menargetkan pengendalian pandemi Covid-19. Yakni dengan menurunkan angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19.

Angka reproduksi dapat dikurangi dengan sejumlah upaya. Di antaranya, penerapan 3M dan 3T, mengurangi durasi kontak yakni restriksi pergerakan penduduk dan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk imunitas.

Luhut mengatakan Rt Covid-19 saat ini antara 1,2 sampai 1,5 dengan 3M dan 3T yang telah dilakukan. Sedangkan pandemi Covid-19 bisa terkendali apabila Rt bisa di bawah 1 atau 0,9.

“Formulanya coverage vaksinasi tinggi, 3M dan 3T dan ini semua kami sudah persiapkan,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8).

Luhut mengatakan, pada Maret 2020 angka Rt Covid-19 mencapai 2,5. Lalu, dengan penerapan PSBB, PPKM dan upaya lainnya membuat angka Rt Covid-19 di angka 1,1 pada Maret 2021. Kemudian, angka Rt Covid-19 berada di 1,5 pada Juli 2021.

Baca Juga: Selain Jawa dan Bali, ada 45 kabupaten/kota yang terapkan PPKM Level 4

Sebab itu, Luhut mengatakan, pemerintah menargetkan pada bulan september angka Rt Covid-19 akan bisa berada di 0,9. Yakni dengan penerapan 3M, 3T , vaksinasi dan hal lainnya.

Ia menyebut, Agustus momentum penting untuk meningkatkan cakupan vaksinasi. Pemerintah berharap vaksinasi bulan Agustus dapat mencapai 60 juta sampai 70 juta dosis vaksin. Serta akan berlanjut pada September.

Sehingga dengan mengendalikan pandemi, maka pembukaan aktivitas ekonomi akan tergantung kepada pencapaian vaksinasi serta implementasi dari 3T dan 3M.

“Presiden memerintahkan kami untuk melakukan langkah-langkah ini dengan sebaik-baiknya dan sedetail-detailnya. Penerapan strategi 3M dan 3T agar September bisa dilakukan pembukaan secara bertahap,” ucap Luhut.

Luhut menyebut, suplai vaksin dipastikan cukup mencapai target yang ditetapkan. Pemerintah bekerja terkoordinasi dengan baik secara holistik dan melihat semua aspek sehingga tidak ada aspek tertentu yang ketinggalan.

“Kami berharap kerjasama semua dan semua masyarakat memiliki kesadaran untuk berperan penuh dan terus menjaga protokol kesehatan agar kita semua dapat segera keluar dari badai pandemi ini, seluruh bangsa harus terlibat,” ujar Luhut.

Selanjutnya: PPKM Level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus, begini dampaknya ke ekonomi

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×