kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Musim Tanam, Plt Mentan Pastikan Ketersediaan Pupuk


Selasa, 10 Oktober 2023 / 12:46 WIB
Jelang Musim Tanam, Plt Mentan Pastikan Ketersediaan Pupuk
ILUSTRASI. Plt Menteri Pertanian, Arief Prasetyo Adi mengaku telah menyusun program dalam rangka menyambut masa tanam. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Plt Menteri Pertanian, Arief Prasetyo Adi mengaku telah menyusun program dalam rangka menyambut masa tanam. Salah satu hal yang menjadi perhatiannya adalah kepastian stok pupuk pada masa tanam mendatang. 

Pihaknya meminta kepada PT Pupuk Indonesia untuk memastikan ketersediaan pupuk di 26.000 outlet pupuk yang tersebar di Indonesia.  Sehingga masalah pupuk nantinya tidak akan menjadi hambatan untuk petani melakukan produksi pertanian. 

"Di samping itu, perbaikan irigasi juga harus dilakukan agar petani mendapat pasokan air yang cukup," kata Arief dalam keterangannya, Selasa (10/10). 

Baca Juga: Menyusun Rencana Menjadi Perusahaan Hijau, Ribet tetapi Menguntungkan

Arief mengatakan, persiapan musim tanam melibatkan kerja sama internal Kementerian Pertanian (Kementan) maupun dengan kementerian/lembaga lainnya.

Setelah konsolidasi, ia meminta jajaran kerjanya untuk secara intens mendampingi petani di lapangan, terutama dalam melakukan penanaman, pemupukan sampai pada pemanenan.

”Misal, untuk Direktorat Jenderal Tanaman Pangan harus mempersiapkan area untuk tanam. Kemudian harus berkoordinasi dengan eselon I lainnya untuk penyediaan pupuk. Ini (pupuk) juga relate dengan BUMN,” katanya.

Asal tahu saja, Arief Praseyo Adi ditunjuk sebagai Plt Menteri Pertanian pasca Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena terseret kasus korupsi di Lingkungan Kementan. 

Baca Juga: Mengukur Ketahanan Pangan Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebagai Plt Menteri Pertanian ini agar lebih memudahkan dalam koordinasi di bidang pangan. 

"Karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan (Nasional), mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja supaya lebih memudahkan,” ungkapnya.

Adapun untuk pengganti menteri pertanian definitif, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan secepatnya.

Selanjutnya: Sukses Terapkan Transformasi Pelayanan Digital, FIFGROUP Raih DUEXA dan SQ Award 2023

Menarik Dibaca: Promo Sociolla 10.10 Periode 10 Oktober 2023, Diskon Besar-besaran sampai 70%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×