kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Musim Mudik, Kemenhub Minta Maskapai Terapkan Tarif Ekonomi Terjangkau


Minggu, 09 April 2023 / 10:59 WIB
Jelang Musim Mudik, Kemenhub Minta Maskapai Terapkan Tarif Ekonomi Terjangkau
ILUSTRASI. Calon penumpang pesawat berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (20/12/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui surat resminya menghimbau agar maskapai yang melayani rute penerbangan dalam negeri untuk dapat menerapkan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau bagi masyarakat.

Himbauan tersebut mempertimbangkan kondisi saat ini, dimana kemampuan daya beli masyarakat yang belum sepenuhnya pulih akibat pandemi Covid-19. Tarif terjangkau menjadi perhatian seiring memasuki masa angkutan mudik lebaran tahun 2023.

"Memasuki masa libur Lebaran tentunya kebutuhan terhadap layanan jasa angkutan udara juga meningkat. Sehingga kami menghimbau kepada maskapai agar memperhatikan penerapan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau bagi masyarakat," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangan tertulis, Minggu (9/4).

Adapun, berdasarkan proyeksi yang telah dilakukan, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 19 sampai dengan 21 April 2023. Kemudian puncak arus balik pada tanggal 24 hingga 25 April 2023.

Baca Juga: Kemenhub Matangkan Pengoperasian Pelabuhan Ciwandan Bagi Pemudik

Berkaca pada hal tersebut, Kristi mengatakan diperlukan pengaturan distribusi penumpang sehingga tidak hanya menumpuk pada puncak arus mudik dan puncak arus balik.

"Penerapan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan oleh maskapai dengan mempersiapkan promo harga tiket kelas ekonomi dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundangan yang berlaku," jelasnya.

Ia berharap langkah ini dapat mendorong pemulihan sektor penerbangan, sekaligus mendukung kemudahan kebutuhan mobilitas masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan moda transportasi udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×