kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jalur Bogor-Puncak ditutup saat malam Tahun baru, cek jadwal penutupannya


Minggu, 29 Desember 2019 / 07:16 WIB
Jalur Bogor-Puncak ditutup saat malam Tahun baru, cek jadwal penutupannya
ILUSTRASI. Antrian kendaraan roda empat yang akan memasukin kawasan Puncak, Bogor. Jalur Puncak-Bogor akan ditutup untuk kendarapaan pada Malam Tahun Baru 2020 mulai Selasa (31/12/2019) pukul 18.00 WIB.

Sumber: Kompas.com | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Jalur Puncak-Bogor akan ditutup untuk kendarapaan pada Malam Tahun Baru 2020 mulai Selasa (31/12/2019) pukul 18.00 hingga Rabu (1/01/2020) pukul 06.00 WIB.

Di jalur sepanjang 22 kilometer itu akan diterapkan car free nigt. Demi mencegah terjadi penumpukan kendaraan jelang akhir tahun di kawasan itu, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan skema sistem satu arah (one way) mulai tiga hari jelang malam pergantian tahun.

Penerapan sistem satu arah akan dilakukan secara bergantian. Penutupan dari arah Puncak dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Deretan mall di Jakarta yang masih gelar midnight sale akhir tahun

Sedangkan, ke arah Bogor mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Pada waktu selebihnya akan normal dua arah.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut sama halnya seperti yang dilakukan Satlantas Polres Bogor saat akhir pekan.

"Pantauan tadi itu diarahkan ke atas (Puncak) dan setelah semua sudah mengarah ke sana kemudian distop lagi, satu jalur dari atas ( PUncak) mulai diarahkan ke bawah (Bogor). Jadi sistem one way yang diterapkan lagi oleh Polres Bogor," ujarnya saat meninjau langsung kondisi arus lalu lintas jalur Puncak-Bogor, Sabtu (28/12).

Khusus saat malam Tahun Baru 2020, polisi akan melakukan penutupan jalan mulai pukul 18.00 WIB pada Selasa mendatang. Jalur akan dibuka kembali Rabu besoknya pukul 06.00 WIB.

Kebijakan itu diambil karena telah diberlakukan car free night atau bebas kendaraan malam hari, dalam rangka menyambut Tahun Baru. Pihaknya mengimbau masyarakat agar bergerak ke Puncak paling lambat pada Selasa (31/12) sebelum pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Menteri ESDM pastikan pasokan listrik jelang Nataru aman

"Karena itu harapannya masyarakat semua yang mau menuju Puncak, Bogor harus sudah paham tentang hal ini dari jauh-jauh hari, supaya mempersiapkan diri sebelum pukul 18.00 WIB dan itu harus sudah naik ke atas semua bila mau liburan ke Puncak," kata Istiono.

Pihaknya memastikan tidak akan ada pengalihan arus lalu lintas saat car free night berlangsung. Orang yang akan ke Bandung atau sudah terlanjur terjebak penutupan one way bisa menggunakan Jalur alternatif lain, seperti Jonggol dan Sukabumi.

"Tidak ada pengalihan sama sekali dan ditutup total, kalau (mobil) mau ke Bandung ya lewat Sukabumi atau Jonggol dan lain lain," kata dia. "Jarak car free night 22 kilometer dan akan steril semua (mobil) karena kantong-kantong parkir pun sudah disiapkan untuk mengantisipasi hal ini," imbuh Istiono.

Penulis: Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan
Editor: Egidius Patnistik

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bogor-Puncak Ditutup pada Malam Tahun Baru, Ini Jadwal Penutupannya".




TERBARU

Close [X]
×