CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Jalani fit and proper test, ini visi yang dibawa Jenderal TNI Andika Perkasa


Sabtu, 06 November 2021 / 10:54 WIB
Jalani fit and proper test, ini visi yang dibawa Jenderal TNI Andika Perkasa
ILUSTRASI. Jenderal TNI Andika Perkasa, yang menjadi calon tunggal Panglima TNI


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Calon tunggal panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa akhirnya menjabarkan visi dan misi-nya dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FPT) di depan anggota Komisi I DPR RI.

Jenderal Andika mengungkapkan bahwa ia membawa visi "TNI Adalah Kita" jika terpilih menjadi panglima TNI kelak. Dengan visi tersebut, ia ingin agar TNI dipandang sebagai bagian dari masyarakat Indonesia maupun internasional.

"Jadi kalau berangkat dari vision statement, Ibu (Ketua Komisi I), saya memilih 'TNI Adalah Kita'. Memang sangat singkat sekali, tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional untuk melihat TNI ini sebagai kita, atau bagian dari mereka," kata Andika dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR, Sabtu (6/11).

Andika menuturkan, di satu sisi, visi tersebut menunjukkan bahwa TNI juga memiliki keterbatasan dan kelebihan. Ia menyebutkan, TNI bisa saja ingin profesional tetapi harus melalui proses yang terus dibangun.

Baca Juga: Hari ini, Komisi I DPR gelar fit and proper test calon panglima TNI Jenderal Andika

"Saya ingin masyarakat kita melihat TNI ini sebagai organisasi yang apa adanya, dengan segala kekurangan dan perbaikan yang harus kami jalani," kata dia.

Namun, di sisi lain, Andika bilang, hal itu bukan berarti TNI tidak bisa berbuat apa-apa.

"Tetap banyak yang bisa kami lakukan karena memang sebagai orang yang punya keterbatasan pun juga kita pasti punya cara yang berbeda dalam, misalnya, mengejar apa yang harus kita selesaikan," kata Andika.

Untuk diketahui, Andika merupakan calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Visi Jenderal Andika Perkasa: TNI Adalah Kita".
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×