Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID – MALANG. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta akan mengadakan Jakarta Kreatif Festival (JIF) 2025 dengan tema ‘Memperkuat Daya Saing Jakarta Sebagai Kota Global.’
Untuk diketahui, JKF ini merupakan program tahunan Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta yang sudah dilaksanakan sejak 2021 silam. Artinya tahun ini memasuki tahun ke 5 pagelaran tersebut akan dilaksanakan.
Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengungkapkan, JIF ini akan diselenggarakan pada 4 hingga 8 Juni 2025 secara offline di Gandaria City Mall Jakarta Selatan. Sedangkan secara online akan diselenggarakan pada platform Shopee dan Blibli dan diselenggarakan sepanjang Juni 2025.
“JKF ini merupakan program kolaborasi, jadi tidak hanya daya saing Jakarta, tetapi juga kolaborasi BI Jakarta dan Pemprov Jakarta, swasta, dan perbankan, serta UMKM binaan,” tutur Arlyana dalam konferensi pers, Kamis (22/5).
Arlyana mengungkapkan, pihaknya membidik target transaksi JKF 2025 ini kisaran Rp 20 miliar, nilai transaksi ini meningkat 53,8% dari tahun lalu yang mencatatkan transaksi Rp 13 miliar.
Baca Juga: BI Revisi Target Kredit, Ini Rencana Sejumlah Perbankan
Adapun terdapat 3 program unggulan JKF 2025 yaitu, peningkatan kapasitas pemasaran dan pembiayaan, digitalisasi sistem pembayaran yang aman dan handal, serta menjaga stabilitas harga.
Lebih lanjut, ia membeberkan, showcase atau pameran akan menghadirkan produk unggulan dari 84 pelaku UMKM terpilih di DKI Jakarta mulai dari kategori food and beverages, craft, hingga fashion yang mencerminkan kekuatan dan keberagaman potensi ekonomi pelaku UMKM di Jakarta.
Tidak hanya sebagai ajang promosi, showcase ini juga menjadi panggung pembuktian bahwa UMKM mampu bersaing di pasar domestik maupun global dengan dukungan inovasi, pembiayaan, dan digitalisasi.
Showcase produk UMKM tidak hanya dilakukan secara offline namun juga secara online dengan pembuatan landing page JKF 2025 di e-commerce Shopee dan Blibli melibatkan lebih dari 300 UMKM Jakarta. Nantinya di platform online tersebut aka nada diskon sebesar 20%.
Inovasi JKF 2025 lainnya yaitu adanya perluasan fasilitasi kemitraan antara UMKM dengan potential buyer seperti retail, pariwisata, dan agregator serta perluasan layanan informasi melalui fasilitasi booth terkait ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf) bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.
Arlyana juga menambahkan, JKF 2025 akan semakin meriah dengan adanya kompetisi publik yang terbuka bagi semua kalangan seperti lomba fotografi, lomba video iklan layanan masyarakat serta lomba pembuatan konten media sosial.
Baca Juga: Kredit Investasi Bank Mandiri Tumbuh Sebesar 25,4% per Maret 2025
Selain itu, terdapat sejumlah booth edukasi, layanan, dan informasi yang mencakup antara lain layanan konsultasi pengaduan konsumen, pajak digital, penukaran uang Rupiah, digital urban tourism serta edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah.
Untuk meningkatkan literasi audiens, akan diselenggarakan kegiatan talkshow dengan topik mengenai digitalisasi pembayaran, halal lifestyle, perlindungan konsumen dan keuangan inklusif, UMKM ekspor, ekonomi syariah, serta produk pangan olahan.
Selanjutnya: Daftar Terbaru Harga Kambing Kurban 2025 di Jakarta, Termurah Mulai Rp 2,5 Jutaan
Menarik Dibaca: KAI Buka Lowongan di Job Fair Nasional Naker Fest 2025, Ini Daftar Posisinya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News