kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Inilah 5 tokoh yang punya kans di Capres 2024 versi Lab 45


Selasa, 13 Juli 2021 / 19:17 WIB
Inilah 5 tokoh yang punya kans di Capres 2024 versi Lab 45
Hasil Lab 45 tentang lima tokoh politik 2024

Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Di tengah kasus virus corona yang begitu mengkhawatirkan terjadi di Indonesia, ada satu topik yang masih menjadi perhatian banyak pihak. Meski momennya masih lama, yakni tokoh-tokoh yang bisa menjadi kandidat atau calon presiden dan wakil presiden di 2024 nanti.

Beberapa lembaga sebelumnya sudah mengeluarkan proyeksi atas hasil survei tentang elektibilitas dari para calon capres 2024. Yang terbaru, ada hasil laporan riset dari Lab 45 dengan judul Triangulasi Tilik Data: Aktor Politik 2024 edisi semester I-2021.

Dalam laporan tersebut, Lab 45 memetakan siapa-siapa saja tokoh yang punya kans di 2024 nanti. Ada 23 nama muncul  yang dinilai Lab 45 punya peran dan kans penting di dalam capres 2024 atau kompetisi politik 2024 secara umum.

Tokoh yang terdiri dari petinggi partai, pimpinan miter atau purnawirawan, menteri dan kepala daerah itu dipantau eksposurnya dalam pemberitaan daring terkait politik keamanan, ekonomi politik, perempuan dan orang muda, serta percakapan di Twitter.

Baca Juga: Hasil survei SMRC: Ganjar Pranowo paling potensial untuk Pilpres 2024

Pada klaster polkam, Agus Harimurti Yudhoyono menjadi figur dengan eksposur terbesar. Kemudian Airlangga Hartarto menempati posisi terasa dalam pemberitaan seputar ekonomi dan politik.

Lantas Sandiaga Uno menjadi tokoh dengan eksposure tertinggi terkait isu perempuan dan orang muda. Sedangkan Anies Baswedan, menjadi juara untuk pembicaraan di media sosial.

Adapun lima tokoh yang punya skor kumulatif tertinggi dengan memperhitungkan eksposur mereka di media daring maupun media sosial adalah urutan pertama Anies Baswedan, kemudian diikuti Moeldoko, serta Erick Thohir, Mahfud MD dan urutan kelima Sandiaga Uno.

Diantara kelima tokoh tersebut, Erick Thohir punya eksposur tinggi dalam klaster pemberitaan ekonomi dan politik. Begitu pula Sandiaga Uno yang paling banyak dikaitkan dengan isu soal perempuan.  Kedua tokoh ini terekam saling bersaing memperebutkan perhatian konstituen orang muda.

Untuk Moeldoko dan Mahfud MD menjadi tokoh dominan dalam pemberitaan politik dan keamanan selama enam bulan terakhir ini (semester I-2021).

Sedangkan untuk eksposur Anies Baswedan dan Moeldoko terpantau sangat tinggi dalam percakapan netizen. Anies cendedrung ditopang oleh jejaring  media sosial  yang kuat. Sementara perbincangan mengenai Moeldoko yang menguat disebabkan oleh posisinya sebagai Kepala Staf Presiden dan polemic internal di Partai Demokrat.

Selanjutnya: Survei ARSC Capres 2024: Elektabilitas Anies tertinggi, kalahkan Prabowo dan Ganjar

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×