kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,88   -2,07   -0.21%
  • EMAS1.179.000 1,29%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Wilayah yang Memasuki Musim Hujan Lebih Awal dan Lebih Lambat


Senin, 11 September 2023 / 10:33 WIB
Ini Wilayah yang Memasuki Musim Hujan Lebih Awal dan Lebih Lambat
ILUSTRASI. BMKG memprediksi awal musim hujan di Indonesia pada tahun 2023 tidak terjadi secara merata.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di Indonesia pada tahun 2023 tidak terjadi secara merata akibat tingginya keragaman iklim di sejumlah wilayah.

Sebagian wilayah akan memasuki musim hujan lebih awal, dan sebagian lainnya memasuki musim hujan lebih lambat. Tetapi secara umum, awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada November 2023.

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi November 2023. Namun, karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube BMKG pada Senin (11/9).

Dwikorita menyebut, musim hujan akan terjadi lebih dulu di Sumatra bagian tengah dan selatan, diikuti Kalimantan dan Pulau Jawa secara hampir berurutan. Kemudian, secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada periode Maret 2024.

Baca Juga: Atasi Polusi, Heru Budi Pertimbangkan ASN Pemprov DKI WFH Sampai Masuk Musim Hujan

Dia mengatakan, terdapat 446 zona musim (ZOM) memasuki musim hujan mundur atau lebih lambat dari normal. Sementara itu, 56 ZOM memasuki musim hujan pada periode yang sama dengan normal, dan 22 ZOM memasuki musim hujan maju atau lebih awal dari normal.

Di sisi lain, ada sekitar 12 ZOM atau 1,7 persen merupakan daerah dengan musim hujan sepanjang tahun, dan 113 ZOM atau 16,1% ZOM termasuk dalam tipe zona musim satu musim, yang memiliki karakteristik satu musim sepanjang tahun.

"Dan saat ini di beberapa ZOM telah terkonfirmasi sudah mulai mengalami musim hujan," ujar Dwikorita.

Baca Juga: Ikhtiar Pemprov DKI Jakarta Perbaiki Kualitas Udara di Ibu Kota

Berikut ini wilayah-wilayah yang memasuki musim hujan lebih awal dan lebih lambat:

Awal musim hujan akhir Agustus 2023

Sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatra Utara, sebagian Riau, Sumatra Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Awal musim hujan September 2023

Terdapat 24 ZOM atau 3,4% yang akan memasuki musim hujan, meliputi sebagian Sumatra Barat dan Riau bagian selatan.

Awal musim hujan Oktober 2023

Terdapat 69 ZOM atau 9,9% ZOM yang akan memasuki musim hujan, yaitu Provinsi Jambi, Sumatra Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Baca Juga: Hati-Hati Demam Berdarah Bisa Mengancam Siapapun, Cegah dengan Vaksin DBD

Awal musim hujan November 2023

Ada 255 ZOM atau 36,5% ZOM yang akan memasuki musim hujan meliputi Sumatra Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian besar Jawa Timur, dan Bali. Kemudian, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

Awal musim hujan Desember 2023

Sekitar 153 ZOM atau 21,9% diperkirakan akan memasuki musim hujan pada Desember 2023, yaitu termasuk sebagian besar Jawa Timur bagian utara, sebagian wilayah NTB, sebagian NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara, dan sebagian Maluku.

Awal musim hujan tahun 2024

Masih ada 22 ZOM atau 3,2% ZOM yang akan mengalami musim hujan pada Januari - Mei 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Simak, Ini Wilayah yang Masuki Musim Hujan Lebih Awal dan Lebih Lambat.
Penulis: Fika Nurul Ulya
Editor: Novianti Setuningsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×