kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tokoh-tokoh negarawan yang hadir di sidang tahunan MPR


Jumat, 14 Agustus 2020 / 10:02 WIB
Ini tokoh-tokoh negarawan yang hadir di sidang tahunan MPR


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MPR, DPR, dan DPD, menggelar sidang tahunan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi ini. Sejumlah mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden ikut hadir dalam sidang tahunan menjelang HUT ke-75 Republik Indonesia tersebut. Hal ini diungkapkan Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato pembukaan sidang. 

Pantauan Kompas.com dari siaran langsung TV Parlemen, Bambang menyebut Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri hadir secara virtual. Kemudian, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono juga hadir secara virtual. 

Selain keduanya, hadir pula Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno, Wakil Presiden kesembilan RI Hamzah Haz dan Wakil Presiden kesebelas RI Boediono menghadiri sidang tahunan secara langsung. 

Kemudian, hadir pula para ketua lembaga tinggi negara yakni Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mattalitti, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman dan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus. 

Baca Juga: Sidang tahunan MPR dihadiri sebanyak 161 anggota parlemen secara fisik

Lalu hadir pula para Wakil Ketua MPR hingga para ketua parpol. Selain itu, hadir pula Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sejumlah menteri Jokowi juga tampak hadir. Undangan tamu negara serta anggota MPR/DPR/DPD lainnya mengikuti sidang secara virtual. 

Ketua MPR dan Ketua DPR akan menyampaikan pidato pembukaan masa persidangan. Kemudian, Presiden juga akan menyampaikan pidato kenegaraannya. Pada Kamis (13/8/2020), Sekjen DPR Indra Iskandar menjelaskan dalam Sidang Tahunan MPR kali ini, jumlah kehadiran fisik pejabat publik akan dibatasi karena situasi pandemi Covid-19. 

Pantauan Kompas.com melalui siaran langsung TV Parlemen, ruang sidang yang berada di Gedung Nusantara tidak terisi penuh. Hal ini mengingat pembatasan yang diberlakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Gedung berkapasitas 1.000 orang itu disebut hanya diisi oleh sekitar 300 orang. 

Hanya beberapa tamu undangan yang hadir secara fisik. Mereka yang mengikuti sidang secara fisik di antaranya pimpinan MPR, DPR, dan DPR. Kemudian, para pimpinan komisi dan fraksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Try Sutrisno hingga Boediono Hadiri Sidang Tahunan MPR"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×