kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini profil orang terkaya Afrika yang borong 10.000 mobil desa Indonesia


Rabu, 08 Januari 2020 / 05:08 WIB
Ini profil orang terkaya Afrika yang borong 10.000 mobil desa Indonesia
ILUSTRASI. Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau mobil desa bantuan Kementerian Perindustrian dipamerkan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (28/3/2019). Kendaraan karya anak bangsa itu diciptakan untuk membantu aktivitas berkaitan dengan perekonomian desa serta


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aliko Dangote yang merupakan orang paling kaya di benua Afrika tertarik untuk membeli 10.000 unit mobil pedesaan asal Indonesia yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) untuk dijual kembali ke Nigeria.

Dilansir dari Bloomberg, Aliko Dangote sendiri merupakan pria dengan nilai kekayaan US$ 4,3 miliar atau sekitar Rp 60,2 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS) pada tahun 2019.

Pengusaha Nigeria berusia 62 tahun yang merupakan industrialis paling terkemuka di Afrika mengakhiri dekade ini dengan kekayaan bersih hampir senilai US$ 15 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-96 di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Baca Juga: Wah, orang terkaya Afrika borong 10.000 mobil desa buatan Indonesia

Sementara dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia 2019 versi Forbes, Dangote berada di posisi 136, dengan total kekayaan mencapai US$ 8,9 miliar (Rp 124,6 triliun). Dengan kekayaan sebesar itu, pria beranak tiga ini menjadi orang terkaya di benua Afrika. Forbes juga memasukkan dia ke dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia 2018, di posisi 66.

Dangote merupakan pendiri Dangote Cement yang merupakan pabrik semen terbesar di Afrika. Dangote Cement yang mempunyai pabrik di 10 negara di benua hitam itu memproduksi semen sebesar 45,6 juta metrik ton per tahun.

Baca Juga: Jeff Bezos kehilangan Rp 140 triliun pada 2019, tapi tetap jadi orang terkaya dunia

Dangote juga memiliki bisnis tepung dan gula dibawah naungan Dangote Group. Selain itu Dangote Group menjadi salah satu pengusaha minyak terbesar di Afrika dengan memiliki penyulingan terbesar di Nigeria. Dengan jenis bisnisnya maka tak heran dirinya tertarik untuk meminang AMMDes yang dimana mobil tersebut cocok dengan jenis usaha yang bergerak dibidang Industri dan komoditas.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Putu Juli Ardika, mengatakan Dangote Group sendiri tertarik dengan AMMDes yang bisa berjalan disegala medan dan memiliki berbagai fungsi yang cocok dengan pasar Afrika," ucapnya di Kementerian Perindustrian, Senin (6/1/2020). "Timnya Dangote akhir Januari ini akan mengecek tiga unit sample untuk dibawa ke sana," ucapnya.

Baca Juga: Investor Singapura berlomba mendirikan bank digital

Putu mengatakan rencananya ekspor 10.000 unit AMMDes ke Nigeria akan dilakukan secara bertahap selama 5 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Profil Orang Terkaya Afrika yang Borong 10.000 Mobil Desa Indonesia"
Penulis : Wayan A. Mahardhika
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×