kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,51   -5,90   -0.59%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Kata Prabowo Soal Ketidakhadiran Surya Paloh di Istana


Rabu, 03 Mei 2023 / 00:01 WIB
Ini Kata Prabowo Soal Ketidakhadiran Surya Paloh di Istana
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi hormat


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum (ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto menjelaskan alasan Ketum Partai Nasdem Surya Paloh yang tidak hadir dalam silaturahmi para ketum parpol dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (2/5/2023) malam.

Menurut Prabowo, Surya Paloh sedang berada di luar negeri. "(Ketum Nasdem) sedang di luar negeri. Sedang di luar negeri," ujar Prabowo di halaman Istana Merdeka usai pertemuan pada Selasa malam.

Saat Prabowo ditanya lebih lanjut apakah Surya Paloh diundang atau tidak dalam pertemuan dengan Jokowi itu, dia tidak menjawab.

Menteri Pertahanan tersebut hanya kembali menegaskan bahwa Surya Paloh sedang di luar negeri. "Sedang di luar negeri," kata dia singkat.

Baca Juga: Ketum Parpol Kumpul di Istana, Ada Prabowo, Airlangga, Zulkifli, hingga Mardiono

Adapun pertemuan enam ketum parpol pada Selasa malam berlangsung sekitar dua setengah jam lebih. Pertemuan dimulai pukul 19.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 21.37 WIB.

Menurut Prabowo, pembicaraan yang bersahabat dan kekeluargaan menyebabkan pertemuan berlangsung cukup lama. "Karena bersahabat, kekeluargaan ya baik," tegasnya.

Pantauan Kompas.com, setelah pertemuan para Ketum parpol tak keluar secara bersamaan. Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri yang paling dahulu keluar dari Istana Merdeka, yakni pukul 21.38 WIB.

Kemudian disusul oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang keluar dari Istana Merdeka secara bersamaan pukul 21.48 WIB.

Terakhir, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan keluar bersama sekitar pukul 21.50 WIB.

Sebelumnya, Partai Nasdem membenarkan bahwa Paloh tak menerima undangan dari Presiden Jokowi untuk pertemuan malam ini.  “Sampai saat ini tidak ada undangan ke Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, atau sekjen dan lain-lain,” ujar Charles saat dihubungi wartawan, Selasa.

Ia mengungkapkan, jika diundang Surya Paloh, pasti bakal berupaya untuk menghadiri acara tersebut. Namun, hingga siang ini, tak ada undangan apa pun dari pihak Istana ataupun parpol koalisi.

Baca Juga: Jubir PAN: Banyak Aspirasi Internal di Daerah Dukung Ganjar Sebagai Capres 2024

Di sisi lain, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Rommy mengatakan, Nasdem tak diundang karena telah mengusung calon presiden (capres) sendiri, yaitu, Anies Baswedan.

“Tentu (Nasdem tidak diajak), karena salah satu materinya adalah rencana formasi politik ke depan,” ujar Rommy kepada Kompas.com.

Di tengah manuver para elite yang dilakukan belakangan ini, muncul wacana duet Ganjar-Prabowo untuk Pemilu 2024. Pertemuan malam ini ditengarai membahas salah satunya soal realisasai duet tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Surya Paloh Tak Diundang Jokowi ke Istana, Prabowo: Sedang di Luar Negeri"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×