kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,22   -10,30   -1.10%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini empat alasan paket bundling program kartu prakerja dihentikan


Kamis, 02 Juli 2020 / 13:39 WIB
Ini empat alasan paket bundling program kartu prakerja dihentikan
ILUSTRASI. Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mula


Reporter: Abdul Basith Bardan, Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja resmi menghentikan penjualan paket pelatihan atau bundling kartu prakerja oleh mitra.

Penghentian penjualan paket pelatihan di program kartu prakerja ini berlaku sejak Selasa 30 Juni 2020.

Pemberhentian paket bundling pelatihan kartu prakerja ini merupakan upaya dalam mencapai sistem pengelolaan yang baik di program kartu prakerja.

Selain itu, kebijakan ini ditujukan agar para peserta program kartu prakerja dapat menerima manfaat optimal dari program tersebut.

Ada empat pertimbangan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja untuk menghentikan penjualan paket pelatihan oleh para mitra kartu prakerja.

  1. Beberapa mitra platform digital kartu prakerja membuat dan menawarkan program pendidikan paket pelatihan bundling, yang terdiri dari beberapa jenis atau jelas pelatihan yang diselenggarakan oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing-masing platform digital atau paket pelatihan.
  2. Tidak ada mekanisme yang dapat memastikan bahwa setiap peserta yang mengambil atau membeli paket pelatihan tersebut akan menyelesaikan seluruh jenis atau kelas pelatihan yang ditawarkan dalam paket pelatihan tersebut, setelah mereka mendapatkan insentif tunai di program kartu prakerja.
  3. Sebagai akibatnya, tidak ada laporan mengenai penilaian peserta pelatihan terhadap instruktur sarana prasarana, dan program pelatihan untuk satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada dalam masing-masing paket pelatihan tersebut.
  4. Dengan demikian Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja tidak dapat melaksanakan tugasnya tuntuk melakukan evaluasi terhadap satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada dalam masing-masing paket pelatihan di program kartu prakerja tersebut tersebut.

Berdasarkan itu Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memutuskan untuk menghentikan seluruh transaksi dan penjualan paket pelatihan yang ditawarkan oleh mitra platform digital agar pelaksanaan program kartu prakerja dapat dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Meski begitu Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky menegaskan penghentian hanya untuk paket program pelatihan di program kartu prakerja.

Sementara program pelatihan lainnya di kartu prakerja yang tidak dijual secara paket akan tetap berjalan normal.

"Yang dihentikan dari pelatihan Kartu Prakerja adalah pelatihan yang berbentuk paket bundling saja," ujar Panji saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (2/7).

Panji menerangkan bahwa paket pelatihan yang ada dalam Kartu Prakerja hanya sebagian kecil dari program pelatihan yang ditawarkan. 

Oleh karena itu peserta program Kartu Prakerja dipastikan dapat tetap memilih program pelatihan yang masih ditawarkan.

Ia juga menegaskan, keputusan mengehentikan penjualan paket pelatihan di program kartu prakerja tersebut tidak berlaku surut.

Karena itu, bagi peserta yang telah mengambil paket pelatihan bundling di program kartu prakerja akan terus berjalan seperti biasa.

Begitu juga dengan platform digital mitra di program kartu prakerja yang menawarkan paket bundling, Panji memastikan pihak tersebut tetap akan tetap menerima pembayaran dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

"Mitra platform digital serta lembaga pelatihan yang telah menjual paket pelatihan bundling hingga 30 Juni 2020 pun tetap akan menerima pembayaran atas pelatihan yang telah diselenggarakannya," terang Panji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×