kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cara Bea Cukai Bekasi dan BNN mencegah penyebaran corona


Selasa, 14 April 2020 / 23:18 WIB
Ini cara Bea Cukai Bekasi dan BNN mencegah penyebaran corona
ILUSTRASI. Bea Cukai memberikan pembebasan cukai etil alkohol yang digunakan sebagai bahan baku hand sanitizer.


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendemi Covid-19 membuat masyarakat melakukan langkah-langkah strategis guna mencegah penyebaran virus ini semakin meluas, salah satunya adalah membiasakan diri untuk membersihkan tangan, baik dengan sabun maupun hand sanitizer berbahan dasar alkohol 70%. 

Merespon hal tersebut, pemerintah melalui Bea Cukai memberikan pembebasan cukai etil alkohol yang digunakan sebagai bahan baku/bahan penolong pembuatan hand sanitizer, surface sanitizer, dan antiseptik.

Tata cara pemberian pembebasan cukai etil alkohol tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 172/PMK.04/2019 dan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 43/BC/2017.

Baca Juga: Ini 12 fasilitas dan kemudahan Bea Cukai untuk dukung penanggulangan Covid-19

Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di seluruh Indonesia pun dituntut untuk dapat melakukan percepatan pelayanan dan bimbingan teknis terkait pembebasan cukai untuk penanggulangan Covid-19 ini, seperti yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Bekasi bekerja sama dengan BNN.

“Hari ini kami menyambut kehadiran perwakilan BNN di PT Sumber Kita Indah, yaitu Kasubdit Udara, Laut, dan Perairan Direktorat Interdiksi, Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Bapak Achmad Fatoni untuk bersinergi dalam pembebasan cukai atas produksi barang kena cukai berupa etil alkohol oleh PT Sumber Kita Indah,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Hatta Wardhana dalam siaran pers, Selasa (14/4).

Ia juga mengungkapkan sebanyak 200 liter etil alkohol yang dibebaskan cukainya tersebut akan digunakan oleh BNN sebagai bahan dasar pembuatan hand sanitizer

Baca Juga: Ini dua catatan Aprindo untuk perluasan stimulus pajak

“Kami membantu memberikan arahan dan dukungan kepada BNN dan PT Sumber Kita Indah untuk mendapatkan fasilitas pembebasan cukai etil alkohol. Hal ini dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha industri dalam negeri, terhadap etil alkohol yang digunakan sebagai bahan baku atau bahan penolong dalam pembuatan barang hasil akhir yang bukan merupakan barang kena cukai dapat diberikan pembebasan cukai,” kata Hatta.

“Hal ini merupakan misi kemanusiaan dan misi sosial. Untuk prosedur pembebasan cukai kami sesuaikan dengan arahan langsung Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi. Kami berharap tujuan dari sinergi ini dapat tercapai dengan optimal,” kata Achmad Fatoni,

Sebagai petunjuk pelaksanaan dan pedoman dalam memberikan kemudahan pembebasan cukai etil alkohol untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19, Bea Cukai telah menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-04/BC/2020 tanggal 17 Maret 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×