kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Bocoran Pendaftaran CPNS 2023 dari Kemenpan-RB


Jumat, 07 April 2023 / 04:15 WIB
Ini Bocoran Pendaftaran CPNS 2023 dari Kemenpan-RB
ILUSTRASI. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberi bocoran mengenai pendaftaran CASN 2023. ANTARA FOTO/Makna Zaezar


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang ingin ikut mendaftar rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023, informasi ini jangan dilewatkan. 

Pemerintah masih terus mempersiapkan rekrutmen CASN 2023. Terkait hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberi bocoran mengenai pendaftaran CASN 2023.

Mengutip laman resmi Kemenpan-RB, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahun ini, rekrutmen CASN melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Anas.

Terkait formasi, Anas melanjutkan, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan. 

“Namun, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Gap Year dan Lulusan Paket C Bisa Daftar PKN STAN 2023, Ini Syaratnya

Anas menjelaskan bahwa saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi. 

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” imbuhnya.

Rekrutmen CASN 2023, lanjut Anas, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu. Seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran. 

Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

Usai usulan kebutuhan dari masing-masing instansi, tahap selanjutnya adalah penetapan kebutuhan. Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis BKN.

Baca Juga: Ini Syarat dan Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub Tahun 2023




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×