CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini 25 orang tertajir Indonesia tahun 2019


Senin, 09 Desember 2019 / 06:02 WIB
Ini 25 orang tertajir Indonesia tahun 2019

Sumber: Forbes | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Rabu (4/12) lalu, Forbes melansir daftar 25 orang terkaya Indonesia. Seperti apa posisinya?

Meskipun ekonomi mengalami perlambatan, 25 orang terkaya Indonesia yang didata Forbes berhasil menambah kekayaan gabungan dengan nilai mencapai US$ 5,6 miliar, yang menyentuh rekor US$ 134,6 miliar tahun ini.

Hampir setengah dari mereka yang masuk daftar Forbes mengalami kenaikan kekayaan. Hartono bersaudara tetap menduduki posisi nomor 1 selama 11 tahun berturut-turut, dengan kekayaan bersih US$ 37,3 miliar. Kenaikan nilai kekayaan mereka terjadi saat harga saham Bank Central Asia mereka melonjak.

Baca Juga: Bukan Jeff Bezos, inilah 10 orang terkaya di dunia sepanjang sejarah

Pengusaha dengan kenaikan nilai kekayaan terbesar sejauh ini adalah pengusaha petrokimia dan taipan energi Prajogo Pangestu. Posisinya melonjak tujuh peringkat ke posisi 3 daftar Forbes. Penyebabnya, harga saham Barito Pacific miliknya meroket seiring adanya peningkatan prospek permintaan akan daya yang dihasilkannya.

Sementara rupiah Indonesia dan pasar sahamnya naik masing-masing 1,5% dan 1,6% sejak daftar tahun lalu, 20 miliarder Indonesia kembali mengalami penurunan dalam nilai bersihnya. Yang menonjol di antara mereka adalah Susilo Wonowidjojo, yang nilai kekayaannya turun sebesar US$ 2,6 miliar dan tergelincir ke posisi 4 dari posisi 2. Saham produsen rokok kreteknya Gudang Garam turun setelah pemerintah mengatakan pada bulan September tahun depan akan menaikkan harga rokok dan meningkatkan cukai rokok pajak sebesar 23%.

Baca Juga: Warren Buffett menganggap sosok ini sebagai pahlawannya, siapakah dia?

Berikut ini daftar 25 orang terkaya Indonesia 2019 versi Forbes:

1. R. Budi & Michael Hartono dengan nilai kekayaan bersih US$ 37,3 miliar

2. Keluarga Widjaja dengan nilai kekayaan bersih US$ 9,6 miliar

3. Prajogo Pangesti dengan nilai kekayaan bersih US$ 7,6 miliar

4. Susilo Wonowidjojo dengan nilai kekayaan bersih US$ 6,6 miliar

5. Sri Prakash Lohia dengan nilai kekayaan bersih US$ 5,6 miliar

Baca Juga: Bill Gates bocorkan sumber kebahagiaannya, ternyata bukan uang




TERBARU

Close [X]
×