kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,00   -6,56   -0.73%
  • EMAS932.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Ingin ikut program Kartu prakerja 2021, masyarakat bisa buat akun mulai hari ini


Minggu, 21 Februari 2021 / 16:45 WIB
Ingin ikut program Kartu prakerja 2021, masyarakat bisa buat akun mulai hari ini
ILUSTRASI. Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja miliknya. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah kembali melanjutkan program kartu prakerja di 2021. Hari ini Minggu (21/2), masyarakat yang ingin mengikuti program ini sudah bisa membuat akun di situs resmi kartu prakerja.

"Situs Prakerja www.prakerja.go.id pagi ini (21/2) sudah bisa menerima pembuatan akun untuk mereka yang berminat mengikuti program Kartu Prakerja 2021," ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, Minggu (21/2).

Dia menjelaskan, bagi orang yang sudah memiliki akun di tahun 2020 tetapi belum lolos seleksi, bisa melakukan pembaharuan akun bila terdapat data yang berubah.

Meski situs kartu prakerja telah mengaktifkan fitur pembuatan akun, tetapi Louisa menyampaikan bahwa proses seleksi untuk gelombang ke-12 belum dimulai.

"Pembukaan proses seleksi gelombang 12 akan kami umumkan kemudian," ujarnya.

Baca Juga: Subsidi gaji dipastikan tak berlanjut di 2021, diganti bantuan Rp 3,5 juta

Sebelumnya, Louisa menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan Komite Cipta Kerja (KCK) terkait jadwal pembukaan program kartu prakerja gelombang 12.

Meski begitu, dia memastikan pihaknya siap bila program ini dijalankan segera. 

Apalagi dia menjelaskan, PMO bertugas untuk memastikan ekosistem kartu prakerja berjalan baik, dimana ekosistem tersebut terdiri daru peserta, penyedia pelatihan ada penyedia jasa pembayaran.

"Tugas kami menyiapkan sistem. Sistem secara teknologi sudah tersedia, jadi nanti apapun yang diminta oleh tim pelaksanaan KCK kami siap. Kami mempersiapkan teknisnya, dimana ada 3 pihak yang terlibat di sini, peserta, pelatihan dan pembayaran. PMO yang mengatur semuanya agar berjalan harmonis," katanya.

Sebelumnya Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan pendaftaran program kartu prakerja untuk gelombang 12 akan segera dibuka. Namun, dia tidak menyebut kapan pembukaan gelombang 12 tersebut akan dilaksanakan.

"(Pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 12) Dalam waktu dekat," katanya, Rabu (17/2).

Selanjutnya: Pemerintah Tetapkan Alokasi Dana Program Kartu Prakerja Rp 20 Triliun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×