kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45876,18   -6,75   -0.76%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ingin capai target vaksinasi tahap pertama akhir Februari, pemerintah buat skema ini


Selasa, 02 Februari 2021 / 21:59 WIB
Ingin capai target vaksinasi tahap pertama akhir Februari, pemerintah buat skema ini
ILUSTRASI. Petugas medis menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum disuntikkan pada tenaga kesehatan

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menargetkan vaksinasi untuk 1,5 juta tenaga kesehatan (nakes) akan selesai pada akhir Februari 2021. Per tanggal 1 Februari 2021 telah ada 574.938 ribu tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Angka yang dicapai dalam dua pekan tersebut dianggap telah sesuai dengan perencanaan. Ke depannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memiliki skema rencana agar target tersebut bisa terpenuhi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menerangkan, ada dua hal yang dilakukan untuk penuhi target.

Pertama, baik di Puskesmas maupun rumah sakit dari Senin-Jumat bahkan Sabtu-Minggu ada yang melakukan pelayanan vaksinasi. Kedua dibuka pos-pos vaksinasi massal yang sudah kita mulai di Yogyakarta, DKI Jakarta,  Surabaya.

Baca Juga: Vaksin Sinovac tahap 4 datang, Bea Cukai beri fasilitas rush handling

"Dan rencananya akan kita buka di beberapa daerah yang tren vaksinasinya perlu dipercepat,” jelas Nadia dalam siaran pers pada Selasa (2/2).

Adapun persiapan vaksinasi massal yang sudah dilakukan, Kemenkes sejauh ini ialah koordinasi dengan pemerintah daerah untuk program vaksinasi massal. Mulai dari koordinasi mengenai alur vaksinasi massal, terutama untuk betul-betul menjaga protokol kesehatan di pos vaksinasi.

Hingga disiapkan juga sisi logistik untuk menjaga kemungkinan adanya penambahan sasaran vaksinasi, keperluan alat pelindung diri (APD), tempat pembuangan limbah, dan SDM. Untuk SDM diperlukan kurang lebih 25 vaksinator bagi 1000 orang penerima vaksin.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×