kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,15   -10,44   -1.05%
  • EMAS999.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Ingat, jalan tol layang Jakarta-Cikampek ditutup sementara pada pagi ini (12/4)


Senin, 12 April 2021 / 06:18 WIB
Ingat, jalan tol layang Jakarta-Cikampek ditutup sementara pada pagi ini (12/4)
ILUSTRASI. Jalan tol layang Jakarta-Cikampek


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi pengendara yang akan melintasi Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Elevated II pada pagi ini (12/4), harap waspada. 

Pasalnya akan ada penutupan sementara yang dilakukan sejak pukul 05.00 WIB hingga 10.00 WIB. Lokasi tepatnya berada di akses masuk arah Jakarta menuju Cikampek di Km 10A Junction Cikunir. 

Penutupan dilakukan dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek merujuk Surat Izin Menteri PUPR No. BM.07.02-Mn/635. 

"Penutupan 2 lajur hanya dilakukan pada akses masuk Tol Japek II Elevated yang mengarah ke Cikampek selama 5 jam tersebut," tulis keterangan resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dikutip pada Minggu (10/4). 

Meski demikian, pengguna jalan tetap dapat melalui Tol Layang Jakarta-Cikampek dari arah JORR (Rorotan-Bintara) atau dengan menggunakan jalan lama atau sektor bawah. 

Sementara untuk arus lalu lintas Jakarta-Cikampek dari arah sebaliknya, atau dari Karawang di Km 47B menuju ke Jakarta, tidak mengalami penutupan atau berjalan normal seperti biasa. 

"Penutupan hanya yang masuk Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek dari arah Cawang saja, dari arah Rototan atau Tanjung Priok tetap dibuka. Kemudian yang dari arah JORR sendiri situasional," ucap Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk, saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (11/4). 

Baca Juga: Tak boleh mudik! Ini titik penyekatan di wilayah Jakarta dan sekitarnya

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang telah beroperasi telah menjadi salah satu solusi kemacetan yang sering terjadi di ruas vital tersebut. 

Ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek sendiri hingga saat ini menjadi jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang memiliki jarak hampir 37 km. 

Selain itu, Tol Elevated II ini juga merupakan jalan tol bertingkat (double decker motorway) yang pertama di Indonesia karena dibangun di atas Jalan tol Jakarta-Cikampek (lama). 

Tol Layang Jakarta-Cikampek yang namanya akan diganti menjadi Jalan Layang Sheikh Mohammed Vin Zayed (MBZ) ini dibangun guna memisahkan arus lalu lintas jarak pendek, yakni Jakarta-Bekasi-Cikarang dengan pergerakan jarak jauh tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya (lajur ekspres/layang), khususnya golongan I non-bus. 

Mengutip keterangan dari PropertiKompas, peresmian pergantian nama tersebut direncanakan bakal dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Mohammed Bin Zyed sendiri diketahui merupakan Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA). (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pagi Ini, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Ditutup Sementara".

 

Selanjutnya: Jasa Marga operasikan seluruh akses jalan tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×