kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia-Vietnam Komitmen Perkuatan Kemitraan Kedua Negara


Jumat, 12 Januari 2024 / 17:54 WIB
Indonesia-Vietnam Komitmen Perkuatan Kemitraan Kedua Negara


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong, pada Jumat, 12 Januari 2024, di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam. 

Dalam pertemuan tersebut kedua negara menyepakati sejumlah kerja sama, salah satunya peningkatan target perdagangan baru. 

Pada bidang investasi, Jokowi menyambut baik peningkatan investasi antara kedua negara, perusahaan besar, dan dua unicorn Indonesia yang telah berinvestasi cukup signifikan di Vietnam. 

Baca Juga: Setelah dari Filipina, Jokowi Lanjutkan Kunjungan ke Vietnam

"Saya yakin mereka akan diberikan kemudahan dan perlindungan yang baik, dan saya mendorong perusahaan Vietnam untuk memperkuat investasinya di Indonesia," ucap Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (12/1).

Selain itu, Indonesia dan Vietnam telah menyepakati penguatan kerja sama ketahanan pangan antara kedua negara, baik dalam bidang pertanian maupun perikanan.

Jokowi menambahkan, Indonesia juga menyambut baik kerja sama teknologi, informasi, dan komunikasi untuk mendorong kemajuan industri digital kedua negara.

Indonesia dan Vietnam telah menyepakati kerja sama di bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, serta transisi energi.

Baca Juga: Siap Bangun Pabrik Kendaraan Listrik di Indonesia, VinFast Investasi US$ 1,2 Miliar

"Saya menyambut baik komitmen investasi VinFast untuk membangun ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia. Kita juga sepakat memajukan kerja sama di bidang transisi energi dan ekonomi digital untuk mendorong kemakmuran rakyat dan kawasan," ujarnya.

Tak lupa Indonesia dan Vietnam berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan. Dimana kedua negara sepakat untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan melalui implementasi konkret dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan dukungan terhadap keketuaan Laos di ASEAN.

Presiden Vietnam Vo Van Thuong mengatakan, kemitraan strategis kedua negara semakin berkembang di semua bidang. Misalnya saja pada kerjasama perdagangan kedua negara yang menunjukkan titik cerah hubungan dua negara. 

"Di Asean Indonesia adalah mitra dagang nomor tiga dari Vietnam dan Vietnam adalah mitra dagang nomor empat dari Indonesia," kata Vo Van Thuong

Demikian juga dengan kerjasama di bidang pendidikan, pertanian pariwisata, kebudayaan dan olahraga juga berkembang positif.

Vietnam juga mendorong agar Indonesia bisa memberikan kemudahan bagi hasil pertanian dan produk halal Vietnam untuk masuk pasar Indonesia. 

Baca Juga: Produsen Mobil Listrik Vietnam VinFast Tengah Cari Lokasi untuk Bangun Pabrik di RI

Selain itu Ia juga mendorong badan usaha Indonesia untuk melakukan investasi di Vietnam khususnya pada sektor perbankan, teknologi, ekonomi kreatif dan lainnya.

Bersamaan dengan itu Presiden Vietnam juga berharap adanya kemudahan bagi badan usaha Vietnam untuk berbisnis dan berinvestasi di Indonesia. 

"Juga terus meningkatkan kerjasama di bidang tradisional seperti pendidikan, pelatihan, pertanian, perikanan, kebudayaan, pariwisata dan teknologi informasi dan memperluas kerjasama di bidang potensial lain seperti yang sedang tren yakni ekonomi digital, transformasi energi dan sebagainya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×