kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Indonesia-Malaysia Bahas Kerjasama Ruang Digital


Jumat, 19 Agustus 2022 / 19:04 WIB
Indonesia-Malaysia Bahas Kerjasama Ruang Digital
Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan sambutan dalam Festival Golo Koe di Waterfront Labuan Bajo, Sabtu (13/08/2022) Indonesia-Malaysia Bahas Kerjasama Ruang Digital.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan bilateral Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Annuar Haji Musa. Dalam pertemuan itu, kedua negara membahas kerja sama untuk menjaga ruang digital.

"Hari ini saya dikunjungi dan mengadakan rapat bilateral antara saya dengan Bapak Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Haji Musa. Kami berdiskusi yang berkaitan dengan hampir keseluruhan pekerjaan digital, mulai dari infrastruktur hulu digital, infrastruktur hilir digital, dan tata kelola ruang digital,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (19/08).

Menurut Johnny, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia mempunyai pemahaman yang sama terkait dengan komitmen menjaga keamanan ruang digital.

“Baik ruang digital Indonesia, ruang digital Malaysia dan ruang digital ASEAN agar selalu bersih dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik bagi masyarakat Indonesia, masyarakat Malaysia, dan masyarakat ASEAN,” jelasnya.

Baca Juga: Labuan Bajo Jadi Destinasi Premium, Menteri Johnny: Tingkatkan Kreatifitas & Inovasi

Di samping menjaga ruang digital, Menkominfo menegaskan kerja sama juga diperkuat dalam menghadapi berbagai tantangan ekosistem TIK antar kedua negara.

"Mulai dari pilihan-pilihan teknologi yang tepat yang perlu kita adopsi di dalam negeri, pilihan-pilihan teknologi satelit, teknologi telekomunikasi sampai kepada teknologi-teknologi yang berhubungan dengan cyber security dan yang menjaga ruang digital tetap bersih,” jelasnya.

Selanjutnya, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Annuar Haji Musa menyampaikan apresiasi kepada Menkominfo Johnny G. Plate dan seluruh pimpinan di lingkungan Kementerian Kominfo.

“Saya sangat menghargai sekali karena pada hari ini, kami berdua dapat mengadakan pertemuan kali ketiga setelah kurang dari 6 bulan (pertemuan sebelumnya antar kedua pihak pada bulan Februari 2022). Jadi suatu momentum yang sangat membanggakan dan menandakan hubungan yang begitu erat sekali antara Indonesia dan Malaysia, khususnya dalam bidang telekomunikasi,” tuturnya.

Baca Juga: Siapkan Super Apps, Pemerintah Akan Lebur 24.000 Aplikasi Layanan Publik

Menurut Menteri Annuar Haji Musa, Pemerintah Indonesia dan Malaysia memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan dan mengadopsi bidang telekomunikasi. Termasuk persoalan cyber security di Indonesia dan Malaysia juga menjadi salah satu agenda pembahasan dalam pertemuan yang berjalan selama satu jam itu.

“Agenda lain dalam pertemuan yang seperti ini sangat besar maknanya, saya melihat ruang itu terus bekerja sama. Bukan saja dalam soal pengalaman bagaimana masing-masing negara menangani masalah penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan penggunaan teknologi yang terkini, tetapi juga pengurusan cyber space secara keseluruhannya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×