kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,71   -2,33   -0.23%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Indonesia Dorong Anggota G20 Sampaikan Komitmen Net Zero Emission


Kamis, 07 Juli 2022 / 16:36 WIB
Indonesia Dorong Anggota G20 Sampaikan Komitmen Net Zero Emission
ILUSTRASI. Indonesia Dorong Anggota G20 Sampaikan Komitmen Net Zero Emission.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Momentum G20 pada tahun ini akan dimanfaatkan oleh Indonesia untuk bisa memberikan kontribusi lebih kepada global dan secara bersamaan bagi masyarakat Indonesia sendiri. 

Salah satu isu prioritas dalam G20 adalah bagaimana upaya mengendalikan perubahan iklim baik itu adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim yang berkontribusi kepada pemulihan yang berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dhewanti mengatakan bahwa negara-negara G20 juga berkomitmen untuk menjaga agar kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi tidak melebihi dari dua derajat celcius. 

Sehingga untuk mencapai target tersebut, maka masing-masing negara memiliki target yang ditetapkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC).

Baca Juga: Kadin Indonesia Usulkan Kadin Net Zero Index ke Bursa Efek Indonesia (BEI)

Bahkan dirinya mengatakan bahwa Indonesia dituntut untuk mencegah agar kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi secara global tidak lebih dari 1,5 derajat celcius. Indonesia sendiri mempunyai target menurunkan 29% emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 dengan upaya sendiri dan apabila ada dukungan Internasional maka akan dinaikkan hingga 41%.

Dalam momentum G20 tahun ini, Indonesia juga akan memastikan negara-negara G20 untuk memenuhi komitmennya dalam penurunan emisi gas rumah kaca. Hal ini dikarenakan pada November 2021 yang lalu, tercatat 135 negara berjanji mencapai nol emisi gas rumah kaca (net zero emission) pada 2050 hingga 2060.

"Di November 2021 ada COP 26 yang menghimbau negara-negara untuk menaikkan ambisi menurunkan emisi gas rumah kacanya, maka Indonesia akan menjadi contoh untuk meningkatkan ambisi," katanya.

Laksmi mengatakan bahwa dari 20 negara yang tergabung dalam G20, saat ini baru ada 13 dari 20 negara G20 yang menyampaikan komitmennya untuk mencapai net zero emission. Sehingga dalam momentum G20, Indonesia akan mendorong negara G20 untuk bisa menyampaikan komitmennya mencapai net zero emission.

Baca Juga: INCO Optimistis Proyek Pomalaa Mampu Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik

"Indonesia telah menyampaikan komitmennya. Jadi kita mendorong negara G20 yang belum menyampaikan komitmennya untuk bisa menyampaikan komitmen tersebut," ungkapnya.

Meski negara-negara G20 memiliki tantangan negaranya yang berbeda-beda, namun melalui G20 ini, Ia menyebut, Indonesia dituntut untuk bisa menjadi pemimpin dan menunjukkan kepada dunia bahwa sebagai G20, Indonesia bisa menunjukkan upaya yang lebih dalam menurunkan emisi gas rumah kaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×