kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia dan Singapura Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-20 Tahun 2025


Senin, 04 Desember 2023 / 16:10 WIB
Indonesia dan Singapura Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-20 Tahun 2025
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo Senin (4/12/2023) mengumumkan niat Indonesia untuk bersama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2025 bersama Singapura kepada Federasi Sepakbola Dunia FIFA.


Sumber: CNA,Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA: Presiden Joko Widodo mengumumkan niat Indonesia untuk bersama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2025 bersama Singapura kepada Federasi Sepakbola Dunia FIFA. Pernyataan Presiden Joko Widodo disampaikan pada hari Senin (4 Desember).

"Pernyataan minat ini telah ditandatangani oleh PSSI dan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS)," ujar Joko Widodo kepada wartawan di Jakarta (4/12).

"Saya yakin Singapura dan Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang baik," katanya.

Secara terpisah pada hari yang sama, FAS mengatakan bahwa surat niat untuk membahas dan mempertimbangkan penyelenggaraan bersama edisi mendatang Piala Dunia U-20 dan U-17 dengan Indonesia mulai tahun 2025 telah disampaikan kepada FIFA.

"Surat niat ini masih bersifat eksploratif pada tahap ini, dan penawaran, jika ada, perlu lebih dikembangkan bersama FIFA dan PSSI," demikian pernyataan FAS, menambahkan bahwa konsensus dengan lembaga di Singapura juga harus dicari dalam hal penawaran ini.

Pada bulan Maret, Indonesia kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 akibat penolakan beberapa pejabat pemerintah terhadap partisipasi Timnas U20 Israel.

Piala Dunia U-17: Anak-anak jadi pembawa bendera negara

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023," demikian pernyataan FIFA pada saat itu.

Keputusan FIFA juga diambil hanya enam bulan setelah 135 penonton tewas dalam kekacauan di pertandingan di Malang Jawa Timur. Banyak penonton yang tewas terinjak-injak saat melarikan diri dari tembakan gas air mata oleh polisi, dalam salah satu bencana stadion sepak bola terbesar.

Piala Dunia U-20 tahun 2023 akhirnya diselenggarakan oleh Argentina, dengan turnamen dimenangkan oleh Uruguay.

Namun, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang baru saja berlangsung, yang dimenangkan oleh Timnas Jerman.

Piala Dunia U-20 adalah acara dua tahunan, sementara Piala Dunia U-17 akan menjadi turnamen tahunan mulai tahun 2025.

Penghargaan untuk Suksesnya Piala Dunia U-17 Menyertai Niat Indonesia dan Singapura untuk Piala Dunia U-20 2025

Ketua Panitia Piala Dunia U-17 Indonesia dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam kesuksesan Piala Dunia U-17 2023.

Timnas Jerman U17

Menurut Erick, prestasi Indonesia sebagai tuan rumah dan peserta Piala Dunia U-17 telah mendapatkan apresiasi tinggi dari dunia sepak bola.

Berkat kesuksesan ini, FIFA memberi Indonesia kesempatan untuk menjadi tuan rumah turnamen dunia di masa depan.

"Terima kasih kepada Indonesia atas prestasi sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang mendapat apresiasi dunia. Kesuksesan ini membuka peluang untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025 dan Piala Dunia U-17 2025-2029. Dan kita akan mencoba mencalonkan diri bersama Singapura," kata Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×