kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia Bersatu, Nama Koalisi Gabungan Parpol Golkar, PPP, dan PAN


Jumat, 13 Mei 2022 / 15:23 WIB
Indonesia Bersatu, Nama Koalisi Gabungan Parpol Golkar, PPP, dan PAN
ILUSTRASI. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, nama koalisi partai politik (parpol) dari gabungan PPP, PAN dan Golkar ialah Indonesia Bersatu.

Ia menjelaskan, bersatu itu merupakan gabungan dari simbol Golkar, PAN dan PPP.

"Jadilah kalau digabung menjadi Indonesia Bersatu. Filosofinya, sebuah harapan, menjadi sebuah koalisi yang berdiri kokoh, tumbuh kuat dan besar berkat sinar matahari, dan mendapatkan ridlo Allah SWT," kata Ace kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menyebut, tujuan dari terbentuknya koalisi itu untuk mengakhiri polarisasi masyarakat yang masih ada setelah 2 kali Pilpres, yakni Pilpres 2014 dan 2019.

Baca Juga: Peringati May Day pada 14 Mei, Buruh Akan Sampaikan 16 Tuntutan Ini

"Tiga partai yang berkumpul sepakat bahwa dalam Pemilu 2024 nanti kita tidak boleh terjebak pada hal yang sama sebelumnya, yakni pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai," ujarnya.

Menurut dia, dua gelaran pilpres sebelumnya amat kental berbau politik identitas.

"Karena itu, kami ingin pemilu 2024 menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record, dan prestasi. Kesempatan untuk saling membuktikan diri mana yang terbaik di antara para peserta kontestasi."

"Sebab tujuan kita satu, menjadikan Indonesia yang lebih makmur dan lebih maju di masa depan. Kalaupun ada persaingan, maka bentuknya harus friendly competition. Persaingan yang akan segera usai setelah pemilu juga usai. Karena kita butuh bersatu agar bisa bersama-sama membangun Indonesia," katanya.

Ia menyebut, komitmen kerja sama Golkar, PAN dan PPP merupakan langkah awal bagi terbangunnya koalisi bersama partai politik menjelang pemilu 2024. Koalisi ini akan mengedepankan adu gagasan dan ide yang akan disepakati bersama.

"Ketiga partai politik telah memiliki pengalaman dalam pemerintah dan dalam dinamika politik bangsa. Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak membantah pertemuan dirinya dengan Ketum PAN dan Ketum PPP sebagai langkah awal membangun kerja sama dan koalisi untuk Pemilu 2024.

Baca Juga: Berpeluang Menang di Pilpres jika Berduet dengan Anies, Ini Kata AHY

Menurut Airlangga, agenda kerja sama Golkar dengan PAN dan PPP ini tidak hanya di tingkat DPP Partai, tapi hingga ke tingkat daerah.

Ia akan menginstruksikan seluruh jajaran Partai Golkar pada tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk bekerja sama dengan PAN dan PPP sebagai tindak lanjut dari pertemuan hari ini.

"Tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan, termasuk dalam pemilu nanti di 2024," ujar Airlangga usai pertemuan, Kamis malam (12/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.TV dengan judul Resmi Terbentuk, Ini Nama Koalisi Golkar, PAN, dan PPP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×