kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks kepercayaan konsumen melemah di Bulan Agustus


Senin, 03 September 2018 / 14:49 WIB
Indeks kepercayaan konsumen melemah di Bulan Agustus
ILUSTRASI. Pasar Modern


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepercayaan konsumen melemah di Bulan Agustus. Dari hasil survei Danareksa Reserach Institute, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Bulan Agustus turun sebesar 4,1% dari 101,6 menjadi 97,5. 

Jika indeks dibawah 100, dapat dikatakan respons negatif (pesimis) melebihi jumlah respons positif (optimis). 

Secara keseluruhan, konsumen memberi penilaian yang lebih buruk terhadap kondisi ekonomi dan lapangan kerja saat ini, termasuk tingginyaharga bahan makanan," tulis DRI dari rilis resminya, Senin (3/9).

Ada dua komponen IKK, yaitu Indeks Situasi Sekarang (ISS) dan Indeks Ekspektasi (IE). 

Berdasarkan survei ini, kepercayaan konsumen terhadap situasi sekarang yang tergambar dari ISS turun 5,5% menjadi 81. Konsumen memberi penilaian yang lebih buruk terhadap kondisi ekonomi dan lapangan kerja saat ini.

Sedangkan IE turun 3,3% menjadi 109,9 pada Agustus lalu. "Penurunan IE ini menunjukkan menurunnya optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dan prospek lapangan kerja dalam enam bulan mendatang," tulis DRI. 

Pada survei ini, konsumen merasa yakin tekanan inflasi akan sedikit meningkat dalam enam bulan ke depan. Kenaikan harga bahan makanan, makanan jadi, sandang, dan transportasi diperkirakan naik menjehlang akhir tahun dengan adanya perayaan Natal dan tahun baru.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya melemah pada bulan Agustus. 

Walaupun demikian, empat komponen yang menggambarkan optimisme masyarakat pada pmerintah masih berada di atas level 100, yang berarti konsumen secara umum masih merasa yakin terhadap kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Komponen yang mengalami penurunan terbesar adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×