kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikappi Beberkan Kriteria Capres-Cawapres Pilihan Pedagang Pasar


Minggu, 07 Mei 2023 / 15:38 WIB
Ikappi Beberkan Kriteria Capres-Cawapres Pilihan Pedagang Pasar
ILUSTRASI. Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tengah) bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil,


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) membeberkan kriteria bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan di dukung oleh pedagang pasar tradisional.

Pertama, kriteria yang akan dipilih adalah mereka yang sering berkunjung ke pasar tradisional. Hal ini mengingat kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang gemar melakukan blusukan.

"Kami tahu bahwa Presiden Jokowi merupakan presiden yang sering berkunjung ke pasar dan yang mendapatkan dukungan pedagang pasar, bahkan melihat persoalan harga bahan pokok langsung di pasar tradisional," ujar Sekjen Ikappi Reynaldi Sarijowan dalam keterangan resminya, Minggu (7/5).

Baca Juga: Ikappi: Puncak Kenaikan Harga Pangan H-3 Lebaran

Kedua, capres-cawapres yang banyak memberikan solusi atas persoalan pasar tradisional. Oleh karena itu capres yang akan datang dapat memberikan solusi atas persoalan pedagang pasar melalui regulasi dan diharapkan dapat merumuskan undang-undang baru yaitu undang-undang perlindungan pasar tradisional yang menjamin bertahannya eksistensi pasar tradisional di Indonesia.

Ketiga, capres-cawapres yang dapat melindungi pedagang pasar melalui permodalan dan pelatihan sumber daya manusia agar pedagang pasar tradisional mampu bersaing dengan banjirnya e-commerce dan gempuran retail modern.

"Ketiga kriteria ini kami umumkan dalam rangka menjaring usulan dari pedagang pasar se-Indonesia sembari secara organisasi Ikappi melaksanakan rapat kerja daerah di kabupaten atau kota seluruh Indonesia," kata Reynaldi.

Sebagai catatan, Ikappi memiliki anggota pedagang pasar dalam jumlah besar di seluruh Indonesia, juga memiliki afiliasi pasar tradisional sebanyak 7.679 pasar tradisional yang berinduk terhadap Ikappi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×