kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Percepat Pertumbuhan Ekonomi Lokal


Senin, 31 Oktober 2022 / 15:02 WIB
IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Percepat Pertumbuhan Ekonomi Lokal
ILUSTRASI. Kontan - IFG Literacy Goes To Campus Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Sebanyak 1.200 pelari mengikuti IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang digelar pada Sabtu (29/10) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Para peserta sebagian besar berasal dari wilayah Manggarai Barat, Kupang dan sekitarnya, termasuk pelajar tingkat SMP hingga SMA. Selain peserta lokal, terdapat peserta dari sejumlah daerah di Indonesia, bahkan dari mancanegara.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan ajang maraton berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga. Acara ini digelar oleh Indonesia Financial Group (IFG) sebagai BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, serta menggandeng Mesa Race sebagai penyelenggara acara.

“Sejak awal kami menargetkan peserta dari warga lokal, nasional dan internasional, dalam kegiatan lari marathon yang juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo. Hal ini terwujud dengan tingginya keikutsertaan dari NTT, juga dari Jakarta, Surabaya, dan daerah lain, bahkan juga dari luar negeri seperti Belanda, Tiongkok, hingga Uzbekistan,” jelas ketua panitia dari IFG, Fitri Istanti.

Fitri menambahkan, selain pengalaman berlari di Labuan Bajo, para peserta mendapatkan fasilitas perlindungan diri dari produk asuransi yang merupakan kolaborasi anak usaha IFG melalui program Asuransi Perjalanan dari Jasindo, Asuransi Kecelakaan Diri dari Jasaraharja Putera, dan Asuransi Jiwa dari IFG Life.

Terdapat enam kategori lomba dalam IFG Labuan Bajo Marathon 2022, yaitu Marathon, Half Marathon, 10 kilometer (10K), 5 kilometer (5K), Ekiden dan Kids Dash. Peserta maraton menempuh jarak 42,195 kilometer, sedangkan Half Marathon sejauh 21,1 kilometer. Pelepasan peserta untuk kategori Marathon dan Half Marathon dilakukan oleh Deputi Bidang SDM dan TI Kementerian BUMN, Tedi Bharata, pada pukul 04.45 WITA.

Para pelari di kategori 10K dilepas oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, pada pukul 05.30 WITA. Sedangkan di kategori 5K dan Ekiden dilepas pada pukul 05.45 WITA oleh Ketua Panita IFG Labuan Bajo Marathon 2022, Fitri Istanti, didampingi oleh Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung, dan jajaran direksi IFG. Sementara kategori Kids Dash, yang diikuti peserta termuda berusia 4 tahun bernama Amira, dilepas oleh Direktur Utama IFG Life, Harjanto Tanuwidjaja.

Di kategori 10K, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga turut menjadi peserta. Ia menyatakan Kementerian BUMN mendukung penuh kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dan berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lokal, terlebih di saat pemulihan ekonomi setelah pandemi.

“Indonesia punya potensi besar untuk sport tourism, sebuah konsep yang menggabungkan kegiatan olah raga dengan pariwisata. Salah satunya di Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, sehingga ajang ini diharapkan bisa turut mendukung visi dan misi pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di daerah ini,” ujar Arya.

Sementara itu Direktur Utama IFG Robertus Billitea mengungkapkan, IFG sebagai sponsor utama mengharapkan kegiatan ini berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo.

“Banyaknya peserta IFG Labuan Bajo Marathon 2022 kami harapkan dapat memacu perekonomian masyarakat setelah dua tahun pandemi COVID-19 melalui pembelian produk UMKM, okupansi hotel, persewaan kendaraan dan kuliner yang ada di Labuan Bajo,” ucapnya.

Meskipun baru pertama kali digelar, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 memperkuat optimisme peluang sport tourism dan percepatan pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo. Pemerintah daerah juga berharap, ajang ini bisa dilakukan kembali tahun 2023.

“Kami berterima kasih karena masyarakat di NTT akhirnya diberikan wadah untuk bisa mengasah kemampuan di bidang atletik, dan terutama karena perhelatan ini juga membangkitkan pariwisata dan perekonomian setempat. Kami berharap ajang ini bisa dilakukan setiap tahun, dengan cakupan peserta lebih luas lagi,” kata Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×