kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ibu Kota Nusantara Bakal Usung Konsep Kota 10 Menit, Apa Maksudnya?


Jumat, 29 Juli 2022 / 10:49 WIB
Ibu Kota Nusantara Bakal Usung Konsep Kota 10 Menit, Apa Maksudnya?
ILUSTRASI. Pemerintah terus melakukan pengembangan Ibu Kota Nusantara. Nantinya, IKN akan mengusung konsep Kota 10 Menit. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus melakukan pengembangan Ibu Kota Nusantara alias IKN. Nantinya, IKN akan mengusung konsep Kota 10 Menit. Maksud dari konsep ini adalah penduduk yang tinggal di IKN hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menempuh satu tujuan. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono. 

"Kita juga mempunyai konsep kota 10 menit atau ten minute cities. Apa itu ten minute cities? Jadi dalam 10 menit orang itu sudah bisa mencapai beberapa tempat yang memang menjadi bagian dari kehidupan," kata Bambang secara virtual dalam acara Tanoto Scholars Gathering, Kamis (28/7/2022). 

Dia menambahkan, "Misalnya dalam 10 menit itu mereka bisa ke tempat satu point of transite dan bisa ditransportasikan ke tempat lain. Jadi dalam 10 menit berjalan mereka sudah sampai di sana ataupun dalam 10 menit mereka dapat ke fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas sehari-hari." 

Dia berharap, para penduduk di IKN yang berada di Kalimantan Timur nanti, meminimalisir penggunaan kendaraan dengan konsep Kota 10 Menit tersebut. 

"Ini satu ekosistem atau hunian yang dalam 10 menit kita harapkan seseorang tidak perlu menggunakan kendaraan, cukup berjalan kaki saja untuk mencapai tujuan yang atau kebutuhan sehari-hari," ucapnya. 

Baca Juga: IKN Mulai Dibangun, Ciputra Group Launching Rumah di Pusat Kota Balikpapan

Sebelumnya, Bambang Susantono juga menggambarkan IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, akan menjadi kota cerdas atau smart city nantinya. 

Smart city IKN Nusantara nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas yang membuat penduduknya betah. Mulai dari fasilitas tol bawah laut, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, hingga Disney Park. 

Baca Juga: Tak hanya Mobil Listrik dan RND, Hyundai Tertarik Investasi di IKN Nusantara

Fasilitas tersebut nanti akan dibangun pada luas lahan total IKN sebesar 324.332 hektar, terdiri atas 256.142 hektar wilayah daratan dan 68.188 hektar wilayah perairan. 

IKN berada di antara Kota Balikpapan dan Samarinda, di sana pada 2045 mendatang diperkirakan 1,7 juta-1,9 juta penduduk akan menempati IKN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "IKN Bakal Usung Kota 10 Menit, Seperti Apakah?"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Aprillia Ika
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×