kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Mulai Rangkaian Arus Libur Nataru di Jalan Tol Trans Sumatera


Minggu, 17 Desember 2023 / 14:46 WIB
Hutama Karya Mulai Rangkaian Arus Libur Nataru di Jalan Tol Trans Sumatera


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID- JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) memulai rangkaian arus libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan melakukan pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Nataru 2023/2024 secara simbolis dalam Kick Off Apel Siaga di Rest Area KM 36 Jalur A Tol Pekanbaru – Bangkinang. 

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa Apel Siaga ini digelar sebagai tanda bahwa Tim Satgas Jalan Tol Hutama Karya telah siaga menyambut pengguna jalan dan siap untuk memberikan pelayanan terbaik di JTTS.

Lokasi apel dipilih di Rest Area KM 36 Tol Pekanbaru - Bangkinang guna memperkenalkan rest area fungsional yang baru saja rampung dan akan segera dioperasikan untuk libur Nataru ini.

Baca Juga: Kabar Baik, Lima Ruas Tol Trans Sumatera Akan Dioperasikan Gratis Selama Nataru

“Dengan bertambah serta difungsionalkannya beberapa ruas-ruas baru dan prediksi meningkatnya arus kendaraan selama libur Nataru, kami telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya kepadatan di gerbang tol, utamanya dengan menambahkan alat mobile reader dan top-up asongan di gerbang tol untuk mempercepat transaksi," ujar dia dalam keterangan resmi, Minggu (17/12). 

Lebih lanjut Koentjoro menyampaikan Hutama Karya memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama libur Nataru 2023/2024 mendatang akan meningkat sekitar 24% jika dibandingkan dengan VLL normal.

“Dengan peningkatan trafik yang cukup tinggi, kami berharap kepada seluruh petugas untuk dapat amanah dan totalitas dalam menjalankan tugas serta menjaga kesehatan agar pelayanan libur Nataru dapat berjalan dengan lancar,” imbuh Koentjoro.

Setelah Apel Siaga dan pengukuhan berakhir dengan dipencetnya sirine sebagai tanda Jalan Tol Hutama Karya telah siap menyambut pengguna jalan tol yang ingin melakukan perjalanan libur Nataru, Koentjoro juga melakukan pengecekan seluruh armada siaga di Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang untuk memastikan kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya sudah teruji. 

Baca Juga: Lonjakan Lalu Lintas Tol Trans Sumatera akan Naik Hingga 24% pada Nataru

Selain itu, peningkatan kualitas jalan tol dengan melakukan pemeliharaan, khususnya pada Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan Ruas Pekanbaru – Dumai dengan metode beton rigid maupun pemeliharaan rutin seperti scraping, filling & overlay (SFO) atau pengelupasan dan pelapisan kembali juga telah dilakukan.

Selama arus libur Nataru tahun 2023/2024 ini, Hutama Karya mengoperasikan sepanjang 589 km JTTS yang terdiri dari 9 (Sembilan) ruas JTTS yang telah beroperasi dengan tarif yaitu Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang – Indralaya (21,93 Km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17,8 Km), Tol Pekanbaru – Dumai (131 Km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 Km), Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) (11 Km), dan Tol Sigli – Banda Aceh (Seulimeum – Blang Bintang) (35,85 Km) serta 2 (dua) ruas tol yang berada di Pulau Jawa yaitu Tol JORR-S (14,25 Km) dan Akses Tanjung Priok (11,4 Km). 

Baca Juga: Hutama Karya Kantongi Kontrak Baru Rp 21,5 Triliun Per Oktober 2023

Selain itu ada lima ruas tol yang masih belum bertarif atau gratis yaitu Tol Indralaya – Prabumulih (64,5 Km), Tol Binjai – Langsa (Stabat – Kuala Bingai) (8 Km), Tol Indrapura – Lima Puluh (15 Km), Tol Sigli – Banda Aceh (Blang Bintang – Baitussalam) (12,7 Km) dan Tol Indrapura – Tebing Tinggi (26,23 Km) yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) dan rencananya akan mengoperasikan tanpa tarif sepanjang 53 Km jalan tol yang terdiri dari Tol Bangkinang - Tanjung Alai (24,7), Tol Kuala Bingai - Tanjung Pura (19 Km) dan Kuala Tanjung - Indrapura (9,47 Km). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×