Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Astra Honda Motor (AHM)selaku pemegang merek Honda di Indonesia berambisi ingin kuasai pasar motor sport. Potensi pangsa pasar yang besar di segmen ini membuat AHM gencar mengeluarkan motor-motor sport teranyar.
"Pasar sport akan semakin potensial," kata Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis Division PT AHM di Jakarta, Rabu (16/1). Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) tahun 2012, total penjualan motor di pasar domestik mencapai 1.003.446 unit.
Penjualan tersebut meningkat 17,6% dibandingkan tahun 2012 lalu yang hanya mencapai 853.202 unit. Kenaikan ini berbeda dengan total penjualan pasar motor di Indonesia yang justru mengalami penurunan hampir satu juta unit.
Pada tahun 2012, total penjualan sepeda motor mencapai 7.064.457 unit, turun 11,8% dibandingkan tahun 2011 yang berhasil menembus 8.012.540 unit. Honda sendiri telah mengeluarkan banyak varian motor sport, di antaranya yang terbaru adalah Honda CBR150R StreetFire yang resmi diluncurkan pada Desember 2012 lalu dengan harga Rp 22.350.000 per unit.
Penjualan sepeda motor sport Honda sepanjang tahun 2012 tercatat sebanyak 170.618 unit dengan pangsa pasar sebesar 17%. "Untuk memperbesar pangsa pasar, hari ini kita meluncurkan motor sport terbaru Honda yakni Honda Verza 150," tandas Agustinus.
Honda Verza 150 adalah motor sport untuk entry level yang menyasar segmen bawah dengan kisaran harga Rp 16 juta per unit. Motor dengan target penjualan 12.500 unit per bulan tersebut diharapkan dapat menciptakan pasar baru untuk segmen low motor sport di Indonesia.
"Dengan adanya dua produk baru (CB150R StreetFire dan Verza 150) ini diharapkan dapat menaikkan market share dari 17% menjadi 35 hingga 40%," tukas Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT AHM.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News